Links Posting yang Setia Setiap Saat

Anda tahu links posting? Setiap posting, tentu ada links-nya (alamat posting tersebut). Jadi tiap posting ada alamatnya sendiri, sehingga kalau orang copy alamat itu lalu paste ke browser dan enter atau cukup klik links tersebut, maka mereka akan membuka posting tersebut.

Berikut contoh links posting:

http://rekor.blogspot.com/2010/03/ini-nama-orang-terpanjang-di-dunia.html

Pada blog (khususnya blogger), links terdiri dari nama blog (http://rekor.blogspot.com) kemudian diikuti dengan data tahun (2010) bulan (03 atau Maret) dan judul posting (ini nama orang terpanjang di dunia), dan diakhiri .html.


Links itu terbentuk secara otomatis saat kita membuat posting. Bila judul posting terlalu panjang, maka secara otomatis akan dipotong sebagian. Bagaimana kalau kita lupa memberi judul posting? Secara otomatis sistem akan mengambil beberapa kata pertama dari posting kita.

Seperti judul posting ini, links posting yang selalu setia. Ya, benar. Links posting ini tidak akan berubah walaupun kita mengubah datanya. Anda boleh ganti tanggal, bulan, tahun, bahkan jam posting-nya. Alamat-nya (links posting) tidak akan berubah. Anda boleh ganti labels-nya, Anda boleh ganti judul posting-nya, atau malah Anda hilangkan judul posting-nya, links posting-nya tidak berubah.

Tidak percaya? Kami sengaja membuat judul posting ini dengan judul: Links Posting yang Tak Pernah Berubah, kami buat tanggal postingnya 01 Januari 2001, maka links posting ini:
http://rekor.blogspot.com/2001/01/links-posting-yang-tak-pernah-berubah.html

Lalu data posting tersebut kami ubah. Judulnya kami ganti:
"Links Posting yang Setia Setiap Saat" (kayak moto deodoran), tanggal posting-nya kami ubah jadi 02 Februari 2002, links-nya tetap saja sama:
http://rekor.blogspot.com/2001/01/links-posting-yang-tak-pernah-berubah.html

Silakan Anda lihat judul posting ini: "Links Posting yang Setia Setiap Saat" lalu Anda lihat links posting-nya di browser, tertulis judulnya: "Links Posting yang Tak Pernah Berubah." Begitu juga tanggal posting-nya. Di posting memang muncul 02 Feb (tahun 2002), tapi di links posting tetap 2001/01 (01 Januari 2001).

Saran:

Bila Anda sudah pernah buat posting, Anda merasa kurang sreg dengan judulnya, sebaiknya ganti saja judulnya (jangan hapus posting lama, lalu buat posting baru). Why? Kita tidak pernah tahu apakah ada yang mengutip tulisan kita dan mencantumkan links-nya atau tidak. Kalau ada yang menaruh links kita di blog/ situsnya, karena kita hapus posting lama dan buat posting baru, maka ketika links itu di-klik, mereka tidak akan menemukan posting yang dicari.


0 Responses

Poskan Komentar

abcs