17 Mengenal PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia)

 

Sumber foto: Google
 

Sampai sekarang pun penulis masih sering tak percaya, kok bisa putra kami kuliah di luar negeri? Tak pernah terbayang sebelumnya. Kuliah butuh uang yang tidak sedikit.

Memang targetnya kedua putra kami harus kuliah, itu harga mati! Cuma kuliah di universitas mana, itu masih misteri. Kalau rezeki lancar, kuliah di universitas terbaik. Kalau tidak? Iya, terpaksa putra kami harus berbesar hati kuliah di universitas yang sesuai kemampuan orangtua (bukan sesuai keinginan).

Kita tau, biaya kuliah tidaklah murah. Syukurnya, kedua putra kami bekerja ekstrakeras dan mereka termasuk orang yang "beruntung" sehingga keduanya mendapatkan beasiswa penuh dari universitas terbaik (dalam dan luar negeri).

Pengalaman plus sedikit info dari internet (dan memang hobi menulis), jadilah seri tulisan berlabel "Cerita Beasiswa" yang sekarang ini memasuki postingan ke-17.

Berbagi kepada orang-orang di luar sana yang senasib (dana minim, prestasi akademik anak lumayan bagus, dan bertekad untuk kuliah). Semua jasa kebajikan berbagi info ini dipersembahkan untuk Mama Linda (istri saya tercinta dan Mama tercinta dari kedua putra kami).

Niat penulis hanya berbagi info, meski pengetahuan tentang beasiswa masih sangat minim. Semoga info ini membantu dan bermanfaat.

Sumber Info
PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) tentu bukan hal yang asing bagi mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri.

Di PPI inilah para mahasiswa (S1 sampai S3) bergabung. Bertemu dengan sesama mahasiswa Indonesia dari berbagai kota di Indonesia, aktif beraorganisasi, berbagi info tentang beasiswa dan kuliah di luar negeri kepada para pejuang beasiswa dan yang ingin kuliah ke luar negeri, serta kegiatan positif lainnya.

Zaman teknologi informasi sekarang ini, komunikasi jadi lebih mudah. Google akan banyak membantu Anda yang mencari info tentang beasiswa dan kuliah ke luar negeri. Dari FaceBook, InstaGram, Twitter, hingga TikTok, Anda juga bisa mendapatkan banyak info tentang beasiswa dan perkuliahan di luar negeri.

Organisasi PPI
Karena putra penulis sedang kuliah di luar negeri (dapat beasiswa penuh/fully funded) dan aktif di organisasi PPI, penulis jadi tau tentang organisasi ini.

Kemudian penulis tertarik melihat-lihat akun IG PPI India, lalu berlanjut dengan akun IG PPI di berbagai negara. Terlintas dalam benak penulis, mengapa tidak dikumpulkan dalam 1 wadah saja? Akhirnya dibuatlah tulisan tentang beasiswa dan kuliah ke luar negeri serta dilengkapi dengan link PPI di dunia.

Anda yang cari info beasiswa dan kuliah ke luar negeri cukup masuk ke blog ini. Caranya?

  1. Klik saja: www.rekor.blogspot.com/?m=0
  2. Cari tulisan berlabel "Cerita Beasiswa", lihat sisi kanan blog ini, cari tulisan "Labels" lalu cari kata "Cerita Beasiswa" dan klik tulisan itu.
  3. Tulisan tentang beasiswa dan kuliah di luar negeri plus link PPI terlengkap disajikan di sini.  

Dunia, Kawasan, Negara, Kota, dan Universitas
PPI ada di berbagai negara yang ada mahasiswa Indonesia-nya (baik mahasiswa yang kuliah dengan beasiswa, maupun mahasiswa yang kuliah mandiri atau kuliah dengan biaya sendiri.

Umumnya PPI diikuti nama negara, misalnya PPI India, PPI Jerman, PPI Prancis, PPI Belgia, PPI Italia, .... 

Jika mahasiswa di negara tersebut sangat banyak, ada PPI berdasarkan kota, ada pula PPI berdasarkan universitas.

PPI berdasarkan kota, misalnya PPI Punjab (India), PPI Birmingham (Inggris), PPI Bonn (Jerman), PPI Beijing (Tiongkok), PPI Den Haag (Belanda), ....

PPI berdasarkan universitas, misalnya: PPI Carnegie Mellon University (Amerika Serikat), PPI Chiang Mai University (Thailand), PPI CYCU = Chung Yuan Christian University (Taiwan), PPI UKM = Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia), University of South Australia (Australia), ....

Induk organisasi PPI adalah PPI Dunia. PPI Dunia adalah pusat PPI dari berbagai negara. Ternyata ada organisasi di antara PPI Dunia dan PPI tiap negara, yakni PPI Kawasan. Dunia ini terbagi menjadi 3 Kawasan yakni: PPI Dunia Kawasan Amerika-Eropa (PPIDK Amerop), PPI Dunia Kawasan Timur Tengah dan Afrika (PPIDK Timtengka), serta PPI Dunia Kawasan Asia-Oseania (PPIDK Asiana)

Jika Anda ingin melihat InstaGram berbagai PPI di dunia, silakan lihat sisi kanan blog ini, cari tulisan "Link PPI di Seluruh Dunia", silakan klik tulisan IG PPI mana yang ingin Anda kunjungi.  

Bermacam Nama
Hampir di seluruh dunia menggunakan nama PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia), tapi ada beberapa negara yang menggunakan singkatan yang berbeda.  

Di Thailand menggunakan nama Permitha (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand), di Korea namanya Perpika = Persatuan Pelajar Indonesia di Korea, di Tiongkok memakai nama: PPIT (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok), di Amerika ada Permias = Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat, di Rusia disingkat Permira = Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia. di Kanada singkatannya: Permika = Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada, di Taiwan juga PPI, tapi ada yang menggunakan Perpita = Persatuan Pelajar Indonesia di Taiwan.

Di Australia dikenal dengan PPIA = Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia, Iran menamakan organisasi mereka IPI (Ikatan Pelajar Indonesia), di Azerbaijan menggunakan PPPI = Persatuan Pelajar dan Pemuda Indonesia, di Arab Saudi, Mesir, dan Pakistan singkatannya PPMI = Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia, di Yordania pakai HPMI = Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia, di Libya ada KKMI = Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia. 

Agar tak membingungkan dan tampilannya rapi, penulis hanya menggunakan nama PPI untuk semua organisasi pelajar/mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Penulis berusaha mengumpulkan link PPI (khususnya IG) yang ada di dunia ini. Saat awal mengumpulkannya, penulis mencantumkan semua (website, FaceBook, InstaGram, Twitter, kanal YouTube, dan lain-lain). Ternyata sangat melelahkan karena banyak sekali PPI di dunia ini. Satu fakta menggembirakan, ternyata banyak sekali generasi muda Indonesia yang pintar, kini sedang menuntut ilmu di berbagai negara.

Lalu penulis batasi hanya mencantumkan IG dan Twitter saja. Itu pun melelahkan dan memakan banyak waktu. Karena medsos yang paling populer sekarang ini adalah IG, akhirnya penulis batasi hanya mengumpulkan IG PPI saja.

Jika akhirnya link PPI yang dicantumkan hanya IG, bukan berarti PPI tersebut hanya punya IG, ini semata-mata karena keterbatasan waktu saja. PPI punya banyak fasilitas komunikasi kok, antara lain: website, FaceBook, IG, Twitter, TikTok, LinkedIn, linktr.ee, WA, email, dan masih banyak lagi. 

Daftar link IG PPI penulis susun berdasarkan urutan abjad nama PPI-nya agar memudahkan Anda dalam mencarinya. Di sana Anda akan mendapatkan banyak info tentang negara, kota, dan universitas di sana, webinar tentang beasiswa dan kuliah di luar negeri. Anda juga bisa bertanya di kolom komentar.

Sudah berapa link (InstaGram) PPI yang terkumpul? Sudah ada 414 link dan masih terus bertambah. Penulis yakin ini akan jadi data link PPI dalam 1 blog yang terlengkap! Silakan lihat di sisi kanan blog ini, cari tulisan "Link PPI di Seluruh Dunia". 

Banyak Ebook
Dalam pengumpulan link IG PPI, penulis menemukan banyak sekali ebook yang dibuat PPI dari berbagai negara. Apa isi ebook-nya? Sangat beragam dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa Indonesia di luar negeri. 

Ada info tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, segala dokumen dan keperluan yang harus disiapkan bagi yang ingin kuliah ke luar negeri, nama-nama universitas di negara tersebut, kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa yang dipakai di negara tersebut,  segala fasilitas di kota tempat mereka tinggal (rumah makan yang menyajikan menu halal, tempat makan milik orang Indonesia yang menyajikan menu khas Indonesia buat yang kangen masakan Indonesia, alamat mini market, alamat dan kontak KBRI, hingga tempat wisata). Komplet deh.

Rencananya kumpulan ebook ini nanti akan penulis sajikan dalam sebuah ebook khusus dan akan dibagikan gratis. Kapan ebook-nya selesai? Penulis belum bisa kasih kepastian. Doakan saja rencana itu jadi kenyataan.

Jika ada waktu luang, mampir saja ke blog ini. Ayo simpan alamat blog ini: www.rekor.blogspot.com/?m=0

Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Semoga tulisan ini bermanfaat, semoga putra-putri Anda bisa kuliah di universitas terbaik secara gratis.

 

Ingin info beasiswa lebih lengkap? Silakan klik tautan berikut (group Telegram):

https://linktr.ee/schonixe

atau

@schonixe


0 Responses

Posting Komentar

abcs