20 Wisuda SMK PI: Bangga, Bahagia, dan Haru Jadi Satu

Hari ini (Kamis, 30 Mei 2024) jadi momen penting bagi penulis. Hari ini, putra bungsu kami Revata (Ray) menyelesaikan studinya di SMK PI (Prakarya Internasional).

Mengikuti jejak kakaknya (Anathapindika yang biasa disapa Dhika), Ray jadi lulusan terbaik di jurusannya DKV (Desain Komunikasi Visual). Selain jadi yang terbaik di jurusannya, Ray juga terpilih sebagai salah satu juara umum (juara umum ke-2) lulusan SMK PI tahun 2024.

Waktu Begitu Cepat Berlalu
Dua tahun lalu hadir di wisuda Dhika, sekarang hadir di wisuda Revata. Selesai sudah kegiatan rutin antar jemput anak ke sekolah selama 3 tahun terakhir. Jalan penuh kenangan yang nantinya akan jarang dilewati lagi. Nanti pasti akan kangen masa-masa mengantar dan menjemput Revata.

Bahagia, Bangga dan Haru
Kami harus banyak bersyukur dikaruniai 2 putra yang rajin belajar dan pintar (kata orang-orang). Sebenarnya rajin, itu kuncinya.

Keduanya berusaha secara mandiri rajin mencari beasiswa untuk kuliahnya. Ortu hanya memberikan sedikit dorongan, mereka berkutat di depan laptop-nya hingga larut malam mencari informasi dan menyiapkan diri untuk itu.

Air mata haru mengalir saat Revata terpilih sebagai siswa terbaik dan video testimoni Dhika yang kini sedang berkuliah di India ditayangkan. Semoga ini bisa jadi inspirasi bagi semua. 

Rajin Berusaha agar Jadi Nomor Satu
Kami (saya dan Linda) sepakat tidak membebani anak dengan target harus jadi nomor satu. Puji syukur mereka sendiri punya inisiatif untuk maju. Ortu hanya menyediakan fasilitas, tanpa harus banyak perintah ini itu, mereka tau tugas mereka sebagai seorang pelajar.

Tulis Info dan Bagikan Ilmu
Saya sering ditanya teman-teman ketika
Dhika, putra pertama kami mendapatkan beasiswa penuh (fully funded) dari ICCR (Indian Council for Cultural Relations). Bagaimana agar bisa dapat beasiswa? Kalau ada info tentang beasiswa, tolong kasih tau ya ...

Kebetulan saya suka menulis, maka mulailah saya membuat tulisan di blog saya dengan label "Cerita Beasiswa".

Cerita Beasiswa, Berbagi agar Anda Tau
Pesan via WA meminta tips dan trik agar anak bisa dapat beasiswa semakin sering saya terima ketika
Revata lolos seleksi Beasiswa BCA. 

Buat Anda yang butuh info tentang beasiswa, Anda bisa masuk ke blog saya (klik) saja: www.rekor.blogspot.com/?m=0 lalu lihat di sudut kanan atas ada tulisan Menu "Cerita Beasiswa". Di sana ada judul tulisannya (saat ini sudah ada 20 tulisan saya tentang beasiswa). Silakan lihat judulnya, klik tulisan judul yang ingin Anda baca. Beberapa teman mengatakan agak kesulitan membacanya via ponsel, lebih bagus lihat dari laptop karena menu itu baru terlihat full jika dibuka dari laptop.

Ada solusi untuk itu. Anda klik saja tulisan ini: "Cerita Beasiswa" lalu Anda tinggal baca. Jika sudah sampai tulisan paling akhir, cari tulisan "Postingan Lama" di sudut kanan bawah. Klik saja tulisan itu, maka akan terbuka halaman baru berisi tulisan dengan label "Cerita Beasiswa", begitu seterusnya hingga tulisan dengan nomor urut 1.

Berbagi Foto & Video Wisuda Seru
Ada foto yang saya jepret sendiri, juga video yang saya rekam sendiri, ada pula foto-foto yang di-share ortu siswa di group Walimurid XII DKV. Foto dan video yang saya upload baru sebagian, nanti akan terus ditambah (sekarang sebagian dulu karena ada tugas lain yang menanti).

 Untuk memperbesar tampilan, silakan klik pada fotonya

 

 
 
 
Delapan Lulusan Terbaik SMK PI 2024
Belakang kiri ke kanan: 
Andhika M. Rafli (H&R), Dara Hadiningrat (TBSM), Tegar Eka Surya (TKR), Imam Kurniawan (TM), Priscilla Cahyaning Priyanto (OTKP).
Depan kiri ke kanan: Wafa Abdullah Nurbani Adam (RPL), Muhammad Ramdan (TKJ), Revata Dracozwei (DKV)
 
 
Revata bersama teman-teman Math Club (MC) dan guru pembimbing (@Riska Narulita)
 
 
 



 



Revata Dracozwei dari Jurusan DKV



 Siswa Terbaik dari Masing-Masing Jurusan di SMK PI 2024



Tradisi Lempar Topi Wisuda

Jalani Kehidupan Baru
Lulus dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) ada 3 pilihan: kuliah, kerja, atau wirausaha. Tiap orang punya pilihan masing-masing. Tidak ada istilah pilihan yang ini lebih baik daripada pilihan yang lain. Semua punya pilihan tersendiri dan latar belakang pemikiran masing-masing.

Apa pun pilihannya, semoga sukses di jalan yang kalian pilih. Yang ikut SMBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes), semoga 13 Juni 2024 merupakan hari baik dengan tulisan, "Selamat, Anda Lulus SNBT 2024."  

Jika gagal? Jangan putus asa, masih banyak jalan lain yang bisa ditempuh. Ayo semangat!!! Sukses adalah milik orang yang selalu bangkit lagi setelah mengalami kegagalan. Ayo ... kamu bisa!!!  

Yang ingin bekerja, semoga segera mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Yang wirausaha? Ayo mulai. Tidak ada jalan mudah untuk sukses. Anda mencoba tapi belum berhasil, itu bukan kegagalan (hanya belum saatnya saja). Gagal terjadi ketika Anda tidak berani mencoba. 

Thanks & See You
Terima kasih kepada semua guru (para guru, wali kelas (@Nida Kharimah) kepala program (@Shaima Hanifah), kepala sekolah (@Sulis Yuniasari), hingga Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Prakarya Internasional (@Agus Canny), terima kasih atas bimbingan guru-guru kepada kedua putra kami. 

Sekarang Revata akan melangkah ke tahapan berikutnya. Semula hanya siswa menjadi mahasiswa, semula hanya pergi ke sekolah, sekarang pergi ke kampus, semula kegiatannya hanya disebut belajar atau juga sekolah, sekarang kegiatannya disebut kuliah.

Semoga semua proses kehidupan ke tahap berikut ini tetap lancar. Terima kasih kepada teman-teman Revata yang sudah ikut mewarnai perjalanan 3 tahun selama bersekolah di SMK PI, One Team, One Spirit, One Dream.

 

Biar sehat minumlah jamu (cakep)
Jarang ketemu janganlah resah
(cakep)
Selalu bergembira ketika bertemu
Selalu ada perasaan sedih ketika berpisah

Lebaran selalu pakai baju baru
(cakep)
Jangan lupa untuk berbagi (cakep)
Sampai jumpa teman dan guru
Lain waktu kita bertemu lagi

 

Catatan nama jurusan di SMK PI: 

  1. DKV = Desain Komunikasi Visual (namanya sama dengan nama jurusan di perkuliahan)
  2. H&R  = Hotel & Restoran (masa studi 4 tahun, setara D1)
  3. OTKP = Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (sekarang berganti nama menjadi MPLB = Manajemen Perkantoran & Layanan Bisnis)
  4. RPL = Rekayasa Perangkat Lunak (sekarang berganti nama menjadi PPLG = Pengembangan Perangkat Lunak & Gim)
  5. TKJ = Teknik Komputer Jaringan  (sekarang berganti nama menjadi TJKT = Teknik Jaringan Komputer & Telekomunikasi)
  6. TKR = Teknik Kendaraan Ringan (sekarang berganti nama menjadi TKRO = Teknik Kendaraan Ringan Otomotif)
  7. TM = Teknik Mesin (sekarang berganti nama menjadi TP = Teknik Permesinan)
  8. TSM = Teknik Sepeda Motor (sekarang berganti nama menjadi TBSM = Teknik Bisnis Sepeda Motor)
     
     
    Ingin info beasiswa lebih lengkap? Silakan klik tautan berikut (group Telegram):

    https://linktr.ee/schonixe

    atau

    @schonixe

     


abcs