21 Tahapan Seleksi Beasiswa BCA

Sudah pernah dengar tentang Beasiswa BCA? Kalau belum, berikut ini info singkatnya.
 
Bank Central Asia (BCA) menyediakan Beasiswa BCA untuk siswa SMA/SMK. Beasiswa BCA menyediakan 2 jurusan: PPBP (Program Pendidikan Bisnis & Perbankan) dan PPTI (Program Pendidikan Teknik Informatika).
 
Setiap tahun pendaftaran Beasiswa BCA biasanya dibuka April hingga September, hasilnya diumumkan Oktober. Saat tulisan ini di-posting (Minggu, 11 Agustus 2024), pendaftaran masih dibuka. Untuk Beasiswa BCA Tahun Ajaran 2025 dibuka. Pendaftaran: 1 April - 13 September 2024. Masih ada waktu sebulan lagi.
 
Siswa yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa penuh (full scholarship atau fully funded scholarship). Apa saja yang didapat Awardee (penerima Beasiswa BCA)? Silakan klik: 14 Horeee Revata Dapat Beasiswa BCA (ini hanya dibahas sekilas soal apa yang didapat Awardee Beasiswa BCA dan ICCR Scholarship - Indian Council for Cultural Relations). 
 
Lebih detail soal fasilitas Beasiswa BCA, silakan klik: 15 Yuk Mengenal Beasiswa BCA (Fasilitas Beasiswa BCA), selain penjelasan, ada videonya juga lho.

Apa saja sih tahapan seleksi Beasiswa BCA? Seperti yang tertera di situs BCA (silakan klik: Beasiswa BCA lalu klik "Lihat Detail" di bawah tulisan PPBP atau PPTI), seleksi Beasiswa BCA ada 6 tahap. Bisa dilihat di gambar berikut ini:
 
Untuk tampilan gambar yang lebih jelas, silakan klik gambar di bawah ini
 
Ke-6 tahapan seleksi itu: 1. Seleksi Administrasi, 2. Tes Online, 3. Tes Psikologi, 4. Wawancara I, 
5. Wawancara II, 6. Tes Kesehatan
 
Calon penerima (peserta)  seleksi Beasiswa BCA akan melewati ke-6 tahap itu sebelum ditetapkan sebagai penerima Beasiswa BCA. Setiap lolos dari satu tahap, calon penerima Beasiswa BCA akan mendapat email pemberitahuan dari BCA bahwa Anda lolos dan akan mengikuti tahap selanjutnya. Atau Anda akan menerima email yang memberitahukan bahwa Anda tidak dapat mengikuti proses/tahap selanjutnya (artinya Anda tidak lolos di tahap itu).
 
Sedikit gambaran tentang proses seleksi Beasiswa BCA, berikut ini catatan perjalanan Revata (Ray) dalam mengikuti tahapan seleksi Beasiswa BCA. Seleksi dilaksanakan secara online. Ini cerita pengalaman saat Ray (putra kami) ikut seleksi sejak April 2023 (mungkin saja ada perbedaan/perubahan untuk seleksi tahun selanjutnya). Semoga bermanfaat.

1.  Seleksi Administrasi
Tahapan pertama dalam proses seleksi Beasiswa PPBP/PPTI BCA adalah Seleksi Administrasi. Saya mengisi formulir pendaftaran secara online melalui website resmi BCA, pada hari Selasa, 11 April 2023.

2. Tes Online/Asesmen Online
Selasa, 2 Mei 2023, saya mendapatkan email dari Admin bahwa saya lolos dalam tahap Seleksi Administrasi dan akan melanjutkan ke tahap Asesmen Online. Di tahapan ini, saya diminta untuk mengerjakan soal secara online. Tipe soalnya mirip-mirip dengan psikotest yang mengutamakan logika dan kecepatan berpikir.

3. Tes Psikologi/Psikotest Online
Delapan hari setelah pengumuman Asesmen Online, saya mendapatkan email dari Tim Recruitment BCA bahwa saya dapat melanjutkan ke tahapan Psikotest Online. Tipe soal Psikotest Online ini mirip dengan soal Asesmen Online. Perbedaannya, pada tahap ini, saya mengerjakan bersama teman-teman lain yang juga mengikuti seleksi Beasiswa BCA melalui Zoom Meeting. Soalnya pun lebih rumit dari Asesmen Online.

4. Wawancara I/Interview 1
Setelah proses Psikotest Online, saya mengikuti proses Interview 1 yang interviewer-nya dari pihak penyedia layanan psikotest. Pertanyaannya seputar aktivitas sehari-hari dan kesibukan di sekolah. Psikotest ini berlangsung secara online.

5. Wawancara II/Interview 2
Pada hari Kamis, 25 Mei 2023, saya kembali mendapatkan email dari pihak Recruitment BCA, bahwa saya akan melaksanakan interview ke-2. Interviewer kali ini adalah pihak HR BCA. Pertanyaannya mirip-mirip dengan Interview 1, dan dilaksanakan secara online juga.
 
6. Tes Kesehatan/Medical Check-Up (MCU)
Setelah deg-degan menunggu, akhirnya saya mendapatkan email dari pihak Recruitment BCA, bahwa saya akan melanjutkan ke tahapan terakhir yaitu Medical Check-Up (MCU). MCU alias Tes  Kesehatan ini dilakukan secara offline di laboratorium (lab) yang telah bekerja sama dengan BCA. Peserta tinggal datang ke lab yang ditunjuk untuk ikut MCU (peserta tidak perlu membayar karena sudah dibayar pihak BCA). Tahapan ini adalah tahapan terakhir sebelum peserta seleksi dinyatakan lulus Beasiswa PPBP/PPTI BCA.
 
Akhirnya, Selasa (31 Oktober 2023) resmi diumumkan nama siswa-siswi yang mendapatkan beasiswa penuh (full scholarship) dari BCA (Bank Central Asia) diumumkan di website BCA.

Di bawah ini sepotong data Awardee (10 nama Awardee Beasiswa BCA 2024) jurusan PPBP.    Agar gambar (tabel) di bawah ini lebih besar dan jelas, silakan klik gambar di bawah ini:


 Nama Revata (Ray) tertera di urutan nomor 9 (kedua dari bawah), yang ada tanda panah merah
Untuk melihat semua nama siswa penerima Beasiswa BCA 2024 (ada nama 195 siswa penerima Beasiswa BCA: PPBP & PPTI). Untuk melihatnya, silakan klik: Awardee Beasiswa BCA 2024 (sekadar info, situs BCA hanya menyimpan data nama penerima Beasiswa BCA ini selama 1 tahun, begitu ada pengumuman nama penerima Beasiswa BCA tahun berikutnya, yang lama akan dihapus).
 
 
Anda tertarik ikut seleksi Beasiswa BCA? Silakan daftarkan diri Anda (klik: Beasiswa BCA, lalu klik "Lihat Detail" di bawah tulisan PPBP atau PPTI, sesuai program yang kamu pilih, kemudian klik "Daftar", isi form di sana). 
 
Selamat mendaftar, semoga sukses ya ... 
 
Catatan:
Yang punya kebiasaan di sekolah suka nyontek, lupakan kebiasaan itu. Di sini berlaku peraturan Nyontek = DO (Drop Out). Info yang pernah penulis dapat, di Universitas Bina Nusantara (Binus University) juga berlaku peraturan yang sama (klik saja) Nyontek = DO
 
 
Ingin info beasiswa lebih lengkap? Silakan klik tautan berikut (group Telegram):

https://linktr.ee/schonixe

atau

@schonixe

 
0 Responses

Posting Komentar

abcs