3 Warga Jabar Pecahkan Rekor MURI (Berita)

GARUT, (PR).-

Tiga orang warga Jabar berhasil memecahkan rekor baru Museum Rekor Indonesia (Muri) di Semarang, Kamis (27/1). Sementara, enam orang warga Jabar lainnya menjadi nominator Muri dalam upaya pemecahan rekor baru dari 31 kategori. Demikian keterangan yang diberikan Iwan Ridwan, salah seorang kandidat pemecah rekor kategori lukisan wajah terkecil dari Garut yang ketika dihubungi "PR" kemarin masih berada di Semarang.


Ketiga warga Jabar pemecah rekor tersebut yaitu Waronudin (60) sebagai pendaki gunung Ciremai tertua, sapi terbesar berukuran 2,1x6x1,5 meter milik Paguyuban Pasundan Cianjur, serta Parni Adi Pranoto dari Cimahi dikukuhkan sebagai kolektor struk rekening listrik terbanyak berjumlah 355 lembar yang dikumpulkannya sejak 1974. Ketiga warga Jabar tersebut merupakan penerima rekor Muri dari 14 kategori yang dikukuhkan langsung oleh Muri di Semarang bertepatan dengan hari ulang tahun Muri ke-15.


Jabar ternyata tak hanya memiliki tiga orang pemecah rekor baru Muri, melainkan juga enam orang calon pemecah rekor baru lainnya dari 31 kategori yang berlainan. Keenam calon pemecah rekor tersebut yakni Dewan Suwandi (Cianjur) sebagai kolektor uang yang memiliki nomor seri kembar terbanyak, Kasyfi Kaliasyena (3) dari Garut dalam kategori usia termuda yang dapat menyanyikan lagu terbanyak (57 lagu), Hendi Sumantono (Cimahi) yang dapat menirukan lagu/ improvisasi lagu dalam interlude lagu dengan suara saksofon, oboe, dan flute.


Tiga orang calon pemecah rekor lainnya Smile Kids Band (Tangerang) sebagai group band anak-anak wanita di bawah 15 tahun pertama di Indonesia, Hendry F. Jan (Bandung) sebagai penulis “Buku Tanpa Judul” dan Iwan Ridwan (Garut) sebagai pelukis wajah terkecil. "Keenam calon pemegang rekor baru Muri itu kini tinggal menjalani penilaian publik.


Sementara itu, lukisan wajah terkecil berukuran 2x3 mm bergambarkan mantan presiden Abdurahman Wahid milik Iwan Ridwan dari Garut harus bersaing dengan Moselis Aris (34), pelukis dari Sidoarjo Jatim yang memiliki lukisan berukuran 3x3 mm bergambar mantan Presiden Soekarno. Pada kesempatan itu, sebanyak delapan lukisan supermini karya Iwan sempat dipamerkan di Semarang. (A-124)


***


Dikutip dari koran Pikiran Rakyat, Jumat (28 Januari 2005).

0 Responses

Poskan Komentar

abcs