Kirologi = Ilmu Kiro-Kiro (baca: kira-kira)

Kirologi

Kirologi hanyalah guyonan Pak Susilo, guru Ekonomi saya semasa SMA. Beliau sering memberikan latihan agar siswa ke depan kelas untuk menggambar kurva permintaan (demand) dan penawaran (supply). Biasanya, terdorong oleh sifat malas, dengan kapur tulis, siswa langsung menarik garis dari atas ke bawah (vertikal = sumbu Y), lalu disambung dengan membuat garis ke kanan (horisontal = sumbu X). Lalu mulai memberi titik-titik kecil di sumbu X & Y untuk diberi angka 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Proses ini dilakukan tanpa bantuan penggaris (jadi tidak lurus) dan jarak tiap titik tidak sama.

Biasanya, baru sampai garis vertikal dan horisontal, Pak Susilo sudah komplain. 'Eh... eh... eh... itu namanya kirologi" tegurnya. Maka siswa langsung mengambil penghapus (menghapus garis yang dibuatnya), lalu mengambil penggaris dan mulai menggambar kurva dengan garis yang lurus dan ukuran yang tepat.

Saya meminjam istilah kirologi, untuk hal-hal yang merupakan hasil perkiraan atau juga plesetan. Tulisan ini tentu saja bukan kajian ilmiah, hanya sekedar plesetan. Kalau terasa lucu, jangan malu untuk tertawa, atau setidaknya tersenyum. Syukur kalau tulisan di kirologi ini bermanfaat bagi Anda.


Tanda Kendaraan
Gampang-gampang susah menghafal tanda kendaraan di Indonesia. Ini beberapa singkatan (mungkin ada yang asli/ ilmiah, tapi pasti banyak yang plesetan). Tapi mudah-mudahan dapat membantu Anda untuk menghafal/ mengingatnya...

A = BANTEN
B = BATAVIA = BETAWI alias Jakarta
D = BANDUNG
E = CIREBON
BG = PALEMBANG
BH = BATANGHARI, nama sungai di Jambi
BE = BANDAR LAMPOENG
BD = BENGKULU DONG...


Mata Uang
Rp = Republik Indonesia (rupiah)
$ = U$A, $ingapore (dollar)
£ = Eng£and (poundsterling)


Singkatan & Akronim
Singkatan dibentuk dari huruf awal tiap kata (IPS = Ilmu Pengetahuan Sosial), akronim diambil dari huruf atau suku kata, biasanya tak beraturan, dan bisa terbaca (Kapolsekta = Kepala kepolisian sektor kota).

Ini singkatan dan akronim plesetan yang berlaku di masyarakat. Bagian depan adalah kepanjangan resmi dari singkatan atau akronim-nya dan yang bertanda kurung adalah singkatan plesetan.

Banyak singkatan atau akronim yang ada plesetan-nya. Tapi yang kami pilih adalah plesetan yang mengena. Misalnya PIN = Personal Identification Number = Pekan Imunisasi Nasional atau lainnya, tidak kami masukkan. Secara kebetulan sama, tapi tidak ada hubungan dan artinya tidak bertolak belakang.

  1. ATM = Automated Teller Machine (Anjungan Tunai Mandiri)
  2. KUHP = Kitab Undang-undang Hukum Pidana (Kasih Uang Habis Perkara, Karena Uang Habis Perkara)
  3. MBA = Master Bussines of Administration (Married By Accident), kedua singkatan ini memang tidak berhubungan. Tapi sindiran ini biasa dipakai untuk orang yang menikah setelah hamil duluan.
  4. Pelikan = nama burung (Pelahap ikan), memang burung ini pemakan ikan
  5. PLN = Perusahaan Listrik Negara (Perusahaan Lilin Negara), ini plesetan dari dosen saya karena listrik dari PLN sering padam
  6. PLTD = Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (Pembangkit Listrik Tenaga Dalam)
  7. PORKAS = Peras Otak Rencana Kaya Akhirnya Sinting (tak tahu apakah ada kepanjangan, ini plesetan yang mengena). Porkas adalah undian berhadiah (tebak huruf) sebelum TSSB, KSOB, SDSB
  8. Siskamling = Sistem Keamanan Lingkungan (Sistem Nangkap Maling)
  9. TOP = Tua Ompong Peot (ini bukan singkatan atau akronim, tapi mempunyai makna yang bertolak belakang)
  10. UUD = Undang Undang Dasar (Ujung-Ujungnya Duit)

0 Responses

Poskan Komentar

abcs