Hendry Filcozwei Jan
Bagi yang memiliki blog, selain memasukkan tulisan, Anda tentu memasukkan foto ke blog. Begitu pula yang penulis lakukan.

Selama ini penulis tak pernah menemukan kesulitan untuk memasukkan foto ke blog. Tapi saat mencoba memasukkan foto yang dengan extension .psd (photoshop design), lho... kok tidak bisa. Ternyata blogspot tidak bisa menerima file foto .psd. Penulis tak tahu file foto tipe apa saja yang bisa di-upload ke blog, tapi selama ini penulis memang hanya memasukkan file foto .jpg atau .jpeg.


Kalau begitu, bagaimana solusinya? Harus ubah foto .psd menjadi .jpg. Cara paling ampuh memang minta bantuan Mbah Google mencarikan solusinya. Maka penulis googling. Ada yang menawarkan software gratis untuk mengubah file .psd menjadi file .jpg

Wah... cukup merepotkan ya? Ternyata yang lain menawarkan solusi yang praktis. Hanya buka file foto .psd tersebut seperti biasa, lalu klik File, Save As, ketik nama yang Anda inginkan untuk file foto tersebut pada kolom File Name, lalu di bawahnya ada tulisan Save as Type: silakan pilih: JPG - JPEG lalu klik Save, maka file foto Anda yang .psd sudah berubah jadi .jpg

Praktis 'kan? Tidak perlu pakai software. Sekarang file foto tersebut sudah bisa di-upload ke blog. Semoga bermanfaat.


Referensi: Blog Masprim

Tambahan:
Buat Zefanya, penulis sudah coba buka foto .psd dengan Adobe Photoshop CS3 lalu coba simpan dengan langkah di atas (ternyata memang tak ada .JPG - JPEG). Penulis coba simpan file foto tersebut dengan jenis CompuServe GIF (*.GIF) lalu coba upload ke blog, ternyata berhasil. Kesimpulannya, file .gif (sejauh file foto tersebut tidak bergerak/ animasi), bisa di-upload ke blog (blogger/ blogspot.com). Silakan coba deh... Semoga bermanfaat.
10 Responses
  1. Anonim Says:

    thanks,,,,,,,,,,,,, gan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,


  2. Sama-sama Gan. Bahagia kalau posting saya bermanfaat bagi orang lain.


    Hendry F.Jan
    www.rekor.blogspot.com


  3. Ternyata simpel ya, mas mau tanya gimana kalo merubah file jpg supaya bisa diedit di photoshop misalnya hasil scan menu makanan trus kita ingin merubah harganya, mohon dibalas via email ya? Thanks before.


  4. Anom Wibowo, saya tidak bisa balas ke email karena Anda tidak mencantumkan alamat email Anda.

    Hasil scan biasanya .jpg Anda ingin membuat menu makanan dari menu milik orang lain? Tinggal ubah harganya (malas mengetik ulang)?

    jadi hasil scan itu berupa file foto tapi berisi teks dan ingin diedit. Begitu? Saya tak begitu tahu hal ini, tapi setelah googling, saya menemukan links ini:

    http://www.pusatgratis.com/tutorial/komputer/2-cara-mengubah-gambar-hasil-scan-dokumen-menjadi-teks-dengan-layanan-online.html

    Silakan dicoba, semoga hal ini sesuai keinginan Anda dan bermanfaat.


  5. makasih banyak ya gan sudah mau share


  6. Sangat berguna sekali gan ilmunya makasih mo berbagi..


  7. Sama-sama Gan. Saya bahagia kalau posting saya bermanfaat bagi orang lain.

    Salam,

    Hendry F.Jan
    www.rekor.blogspot.com


  8. thank gan atas infonya


  9. zefanya Says:

    kok gue tidak ada pilihan jpg dan jpeg nya ya ?


  10. Alhadid Fursani dan Zefanya, terima kasih sudah mampir dan berkomentar.

    Khusus Zefanya, penulis sudah coba dan sudah ada solusi untuk masalah Zefanya. Silakan baca di bagian akhir posting (posting di atas).


    Salam,

    Hendry F.Jan
    www.rekor.blogspot.com


Poskan Komentar