Editor bukanlah Provokator


Penulis yang juga editor, seringkali menemukan kekeliruan ketik di undangan pernikahan, majalah, buku,... termasuk pada poster. Membaca sekaligus menemukan kekeliruan merupakan keasyikan bagi penulis yang juga seorang kelirumolog. Itu artinya mata penulis masih jeli. Keasyikan membaca tetap bisa dinikmati dan menemukan kekeliruan ketik adalah bonus. Jadi dalam hal ini penulis tetap pada keinginan utama yakni membaca, bukan semata-mata mencari kekeliruan yang ada. Sekali lagi, penulis bukan mencari-cari masalah (kekeliruan) sehingga terkesan seperti provokator, tapi kegiatannya biasa saja seperti yang Anda lakukan yakni membaca, tapi naluri editor tetap berjalan. 

Nah... kali ini penulis akan membagikan beberapa temuan penulis saat browsing di dunia maya.

Begitu menyalakan komputer dan terhubung dengan dunia maya, selama beberapa hari di bulan Juni 2012, penulis disuguhi iklan ini. Iklan yang sama muncul dalam 3 versi warna (kuning, oranye, dan biru). Semua masih dengan tulisan yang sama: TANAP, padahal seharusnya TANPA. Beberapa hari, iklan yang terdapat kekeliruan ketik ini tetap muncul tanpa ada perbaikan. "Liburan Mewah TANAP Menguras Kantong, Harga Mulai 2 Juta"

Agar dapat melihat gambar lebih jelas, silakan klik pada gambar untuk memperbesar ukuran gambar.








Yang di bawah ini seperti sampul depan sebuah buku. Seharusnya tertulis: KECAKAPAN, tapi malah terketik KECAPAKAN. Gambar ini diambil dari blog: Syamsuryadharma




 Di bawah ini contoh tulisan yang benar (sumber: Scribd)
 
0 Responses

Poskan Komentar

abcs