Pengecat Karat dan Pengecat Lumut

Lakukanlah tugas (tanggung jawab) sekecil apa pun yang diberikan kepada Anda dengan sebaik-baiknya dan Anda akan mendapat kepercayaan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih besar. Begitu kata bijak yang pernah penulis baca.

Beberapa waktu lalu, penulis menggunakan jasa tukang untuk  memperbaiki beberapa bagian rumah yang mengalami kerusakan. Mengecat pagar dan tiang toren yang sudah kusam dan mulai berkarat, melapisi tembok dengan cat water proof agar air hujan tidak merembes masuk, dan beberapa pekerjaan lainnya.

Pertama, penulis meminta tukang mengerjakan hal yang gampang dulu, yakni mengecat. Habis mengecat, masih banyak yang harus dikerjakan. Sebelum mengecat, penulis beritahu sekilas. Amplas dulu besi pagar, terutama bagian yang berkarat agar cat-nya melekat kuat. “Ya, Pak” kata tukang. Lalu tukang itu nyerocos aneka teori yang dia ketahui. Bagaimana ngecat, pasang bata,... 

Singkat kata, tukang ngecat. Hari pertama lancar-lancar saja. Hasil kerja lumayanlah. Tapi hasil kerja hari ke-2 sungguh di luar dugaan. Karena tak diawasi, kerjanya asal-asalan. Besi pagar yang karat tanpa diamplas dulu dan bagian yang berlumut langsung dicat! 

Dengan terpaksa, tukang “dipensiun dini.” Hilanglah kesempatan tukang itu mendapat banyak pekerjaan lain yang sudah menunggu. Cukup 1 kali saja kerja pada penulis (blacklist).

Pelajaran: Jaga kepercayaan atas tugas kecil yang diberikan, Anda akan menerima kepercayaan untuk pekerjaan lebih besar lagi. 


0 Responses

Poskan Komentar

abcs