Cepat Tangan, Dapatlah Seteguk Coca Cola

Korupsi tidak melulu tentang uang, bisa berupa barang, bahkan juga waktu. Ada yang mengambil barang, ada juga yang "mencuri waktu" misal pulang kerja sebelum waktunya.

Ini pengalaman waktu belanja ke warung dekat rumah. Saat itu penulis dan istri belanja. Yang melayani seorang anak perempuan (masih SD). Belanja keperluan dapur dan penulis minta sebotol Coca Cola (botol kaca), penulis minta di-plastikin saja agar bisa diminum sambil jalan ke rumah.

Saat menuangkan minuman ke dalam plastik, ada hal yang agak mencurigakan. Dia menuangkan di posisi bawah, sehingga terhalang etalase. Setelah selesai menuangkan minuman ke dalam plastik, botol langsung ditaruh di dalam etalase, bukan di atas etalase.

Penulis merasa ada yang tidak beres. Penulis langsung menunduk dan melihat ke dalam etalase. Oh ... ternyata tidak semua isi minuman di botol dituangkan ke dalam plastik, tapi disisakan sedikit. Sang kakak yang melihat kelakuan adiknya berusaha melindungi dan cara menggeser barang di dalam etalase untuk menutupi botol agar tidak terlihat oleh penulis. Tapi itu terlambat, penulis sudah melihat kecurangan itu.

Penulis nggak komplain sih, cuma sekedar tau saja. Mungkin orangtuanya sangat pelit kepada anaknya sehingga untuk minum minuman tersebut, jadi untuk dapat 1 atau 2 teguk, ia terpaksa mencurangi pembeli.
0 Responses

Posting Komentar

abcs