Kisah Tentang Serangga Bernama Rayap

Awalnya penulis menemukan butiran-butiran halus seperti pasir dari dekat kusen pintu kamar anak. Penulis cari tahu dengan internet (googling), ternyata itu kotoran rayap. Ini mengindikasikan bahwa ada koloni rayap di dalam kayu kusen pintu tersebut.

Ketuk-ketuk perlahan (bila terasa bahwa di bawah kulit kayu tersebut kosong, itu pertanda bagian itu sudah keropos dimakan rayap). Ternyata kerusakannya sudah parah dan terpaksa ganti kusen. Lumayan repot (keluar biaya mulai beli kusen, pasir, semen, sampai bayar upah tukang untuk pasang dan cat kusen). Satu lagi, rumah jadi kotor dan berdebu selama proses tersebut. 

Itu sekitar 1 atau 2 tahun lalu. Tahun ini, kotoran seperti itu muncul lagi, lalu cari solusi lain. Masa' tiap tahun harus keluar anggaran untuk ganti kusen pintu, jendela, dan lain-lain? Biaya, waktu, dan repot tentunya harus bersih-bersih setelah ganti kusen. Adakah solusi untuk menuntaskannya?

Penyemprotan antirayap (kayu dan terutama sekeliling fondasi rumah dilubangi lalu disemprot pestisida). Ini untuk membasmi koloni rayap dan membuat "pagar" di bawah tanah agar koloni rayap dari tempat lain tidak masuk dan yang ada akan musnah karena kena pestisidan (dan konon pestisida yang tidak langsung mematikan ini juga berefek memandulkan rayap). Sehingga koloni rayap yang ada di dalam tanah di bawah bangunan rumah kita akan habis.

Penulis tidak akan berpromosi tentang perusahaan pembasmi rayap atau nama pestisidanya. Hanya berbagi pengalaman dan ingin berbagi ilmu yang penulis dapat dari googling dan obrolan dengan petugas dari pembasmi rayap. 


Inilah beberapa fakta tentang rayap:
  1. Apa indikasi daerah Anda termasuk rawan rayap? Jika hujan turun dan muncul laron yang beterbangan di sekitar lampu di rumah Anda, itu pertanda di sekitar lingkungan Anda ada koloni rayap. Laron ini sedang melakukan invasi, terbang, melepaskan sayap, cari pasangan, bentuk koloni baru. Penulis juga baru tahu, laron itu sama dengan rayap (laron merupakan salah satu fase dewasa dari kasta reproduktif. Ia akan menjadi raja dan ratu pada koloni rayap baru. Sayap digunakan untuk terbang, setelah dapat pasangan, laron melepaskan sayapnya, lalu membentuk koloni rayap yang baru). Dalam koloni rayap ada 3 kasta: kasta pekerja (pencari makanan), kasta prajurit (penjaga ratu rayap), kasta reproduktif (ratu yang tugasnya hanya bertelur).
  2. Apa ciri rumah Anda (kayunya) sudah digerogoti rayap? Kalau plafon rumah Anda terlihat melengkung ke bawah, itu artinya kayu penopang plafon sudah berkurang kekuatannya karena keropos dimakan rayap. Lalu jika Anda menemukan butiran-butiran halus seperti pasir, itu kotoran rayap. Artinya kayu di sekitar tempat itu (atau di atas itu) sudah dimakan rayap. Kalau tanpa ciri itu, agak susah juga mengetahuinya karena rayap bekerja di bawah kulit kayu (tak terlihat). Tahu-tahu sudah keropos (tinggal kulit kayu), di bawahnya sudah bolong.
  3. Makanan rayap? Selulosa yang ada di kayu. 
  4. Sarangnya? Mereka bersarang di bawah tanah. Ratunya berada di bawah tanah dan yang ke sana ke mari mencari makanan adalah kasta rayap pekerja. Berantas rayap yang ada di kayu, belum mematikan koloni rayap karena kerajaannya ada di bawah tanah.
  5. Kondisi yang disukai rayap? Rayap suka tempat yang lembab (bukan kering dan bukan basah), ada kayu di sekitar sana atau juga kertas lembab yang juga jadi makanannya.
  6. Dari bawah tanah mereka naik ke bangunan melalui retakan-retakan tembok/ dinding dan mencari kayu yang jadi makanan utamanya. Menurut petugas itu, pergerakan rayap umumnya ke atas. Jadi kalau rayap bergerak ke atas dan menemukan kayu, mereka akan makan dan merusak kayu tersebut. Sisi vertikal kusen yang lebih sering diserang daripada sisi horisontalnya. Jadi kalau retakan itu ada di samping kusen tapi tak ada akses ke kayu, mereka terus ke atas (mungkin ke plafon). Kalau pun setelah melewati tinggi kusen, lalu ada retakan ke arah bawah menuju kayu (kusen yang horisontal), rayap cenderung terus naik (tidak turun).
  7. Rumah yang dibiarkan kosong cenderung lebih cepat rusak. Mengapa? Karena bila ada yang tinggal, jika menemukan tanda ada rayap, manusia akan bereaksi (setidaknya mencari rayap di kayu keropos itu). Selain itu, kondisi rumah kosong, tak ada kegiatan sehingga membuat rayap lebih leluasa bekerja (menggerogoti kayu) tanpa ada gangguan.

Mudah-mudahan solusi dari antirayap yang bergaransi 3 tahun ini efektif sehingga tidak tiap tahun harus sedia anggaran untuk ganti kusen pintu, jendela, dan kayu-kayu plafon.



1 Response
  1. Plafon Kamar Tidur Says:

    Rayap biasanya suka menggerogoti plafon ruang tamu juga gan :(

Poskan Komentar

abcs