Lagi, Yahoo News Kurang Teliti

Berita yang dimuat di Yahoo umumnya adalah kutipan (copy paste) dari media lain. Seringnya, diktip persis tanpa proses editing. Jadi, jika sumber berita ada kesalahan ketik, maka berita itu ditampilkan di Yahoo pun persis (termasuk kesalahan ketik). Itu sudah kesalahan umum yang terjadi di Yahoo News.

Kali ini (Kamis, 24 Juli 2014) bukan ketikan, tapi foto pendukung. Yahoo mengutip berita pesawat TransAsia Airways yang jatuh (kutip dari: KapanLagi). Mungkin karena belum mendapat foto pesawatnya, KapanLagi memasang foto komedian Sogi Indra Dhuaja yang mengungkapkan rasa bela sungkawa via Twitter. 

Yahoo yang mengutip, juga ikutan memasang foto Sogi (yang sedang tersenyum), membuat pembaca menduga Sogi ada di dalam pesawat tersebut dan menjadi korban. Menampilkan berita duka cita tapi fotonya (selain tak ada hubungan dengan berita) juga kontras dan tak menunjukkan empati (berita duka, fotonya orang tersenyum). 

Banyak pembaca yang mengomentari "keteledoran" editor Yahoo ini, tapi tampaknya Yahoo cuek saja. Alangkah bijaknya jika berita itu tanpa foto saja atau kotak berisi foto itu ditutup warna hitam saja tanda duka cita.


Untuk memperbesar tampilan, silakan klik pada gambar

  Komentar Pembaca

Sebelumnya (Senin, 21 Juli 2014) Yahoo juga melakukan kesalahan (copy paste berita dari tabloid Bintang) dan memuatnya tanpa edit pada berita berjudul 

"Kisah Pipik Lepas Jilbab Demi Biaya Pernikahan dengan Uje"

Di akhir berita tentang Uje Yahoo menulis seperti ini (kesalahannya persis dengan sumber asli):


Namun dengan penuh ketegaran wanita asal Semarang, Jawa Tengah, itu terus mendampingi sang suami, hingga akhirnya berhasil bertransformasi menjadi sebuah pendakwah.

Seharusnya:

Namun dengan penuh ketegaran wanita asal Semarang, Jawa Tengah, itu terus mendampingi sang suami, hingga akhirnya berhasil bertransformasi menjadi seorang pendakwah.

Untuk memperbesar tampilan, silakan klik pada gambar

0 Responses

Poskan Komentar

abcs