Mana Lembaga Survei yang Kredibel???

Rabu, 09 Juli 2014 rakyat Indonesi melaksanakan pesta demokrasi (pilpres). WNI (Warga Negara Indonesia) yang berada di luar negeri sudah melaksanakan pesta demokrasi ini lebih awal.

Setelah TPS (Tempat Pemungutan Suara) ditutup, semsua stasiun TV berlomba-lomba mengadakan hitung cepat (quick count).

Yang menarik, hasil hitung cepat ternyata berbeda. Jika bedanya pada angka (sama-sama memberikan hasil bahwa pasangan tersebut menang, hanya beda prosentase suara kemenangan) mungkin tidak terlalu heboh.

Tapi... ternyata hasilnya, ada yang 7 lembaga survei yang menyatakan pasangan Jokowi-JK menang (Populi Center, CSIS, Litbang Kompas, Indikator Politik Indonesia, Lingkaran Survei Indonesia, Radio Republik Indonesia, dan Saiful Mujani Research Center) sedangkan 4 lembaga survei menyatakan pasangan Prabowo-Hatta yang menang (Puskaptis, Indonesia Research Center, Lembaga Survei Nasional, dan Jaringan Suara Indonesia).



Hasil survei lembaga mana yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan? Kita tunggu saja hasil penghitungan oleh KPU (22 Juli 2014).

Saat ini, ada 3 pasang Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Presiden dan Wakil Presiden yang masih menjabat hingga Oktober 2014 nanti (hasil pilpres 2009): Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono.

Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Hatta Radjasa versi TvOne serta Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla versi MetroTV. 

Selamat kepada semua pemenang, pemenang sesungguhnya diumumkan KPU Selasa, 22 Juli 2014.



Untuk memperbesar tampilan, silakan klik pada gambar
Sumber: Kompas

Hasil hitung cepat lembaga survei nomor 1 sampai 7 (7 lembaga survei) memenangkan Jokowi-JK, nomor 8 sampai 11 (4 lembaga survei) memenangkan Prabowo-Hatta.

Empat lembaga survei yang memenangkan pasangan Prabowo-Hatta (Puskaptis, IRC, LSN, JSI) menjadi sorotan publik karena berbeda dari hasil sebagian besar lembaga survei lainnya yang memenangkan Jokowi-JK. 

Penulis coba mengunjungi situs ke-4 lembaga survei ini (11 Juli 2014 sekitar pukul 08.15 WIB) inilah tampilan situs mereka:


 Untuk memperbesar tampilan, silakan klik pada gambar

 IRC = Forbidden

JSI= Infinite loop detected in JError

Puskaptis = lembaga survei pilpres pakai blog gratisan

 LSN = milik Mahfud MD?


Untuk info lebih lanjut, silakan baca ini:
  1. Fakta-Fakta Menarik Tentang Puskaptis, JSI, IRC, dan LSN
  2. Ini Dia, Situs Web Para Penggelar "Quick Count"

0 Responses

Poskan Komentar

abcs