Aneh, Millionaire Singer Bukan Live Tapi Penentuan Pemenang via Polling SMS

Sabtu malam (09 Agustus 2014) penulis dan istri menyaksikan tayangan perdana acara Millionaire Singer di TransTV. Penulis melihat ada yang janggal. Tayangan perdana tersebut bukan siaran langsung (tak ada tulisan live). Anehnya, penilaian pemenang ditentukan berdasarkan hasil vote penonton di studio, SMS dan Twitter dari penonton di rumah. Kalau berdasarkan vote penonton di studio sih tidak masalah. Lho...SMS dan Twitter penonton di rumah?

Saat acara ditayangkan penonton baru kirim SMS dan Twitter, sedangkan acara tersebut sudah selesai (sudah ketahuan siapa pemenangnya karena sudah direkam terlebih dahulu baru ditayangkan).

Penulis langsung pasang status di BB: 

Acaranya tdk live, gimana acara yg sdh direkam sblmnya tapi bisa memasukkan poin SMS & Twitter yg dtg saat acara ditayangkan di papan score??? Ada yg tau???

Penulis coba kirim BBM ke teman, kebetulan tak ada yang menyaksikan acara tersebut.

Minggu (10 Agustus 2014) acara Millionaire Singer tayang lagi (kali ini live). Acara ini tayang setiap Sabtu dan Minggu pukul 19.00 WIB.

Karena penasaran, Senin (11 Agustus 2014) penulis coba cari tahu dengan bertanya kepada Mbah Google. Ternyata ada penonton yang berpendapat sama (gambar 1 dan gambar 2). 

Penulis juga menemukan video penampilan salah satu peserta di YouTube (tapi tidak jelas apakah ini rekaman dari TV atau rekaman langsung) sehingga tidak adanya tulisan "live" belum bisa menjelaskan bahwa acara tanggal 09 Agustus 2014 itu bukan acara live (gambar 3).

Gambar 4 dan gambar 5 dari Twitter Millionaire Singer (@MSinger_TTV). Pada gambar 5 Tweet paling atas ada ReTweet dari account Millionaire Singer yang menyatakan bahwa Choky Sitohang (pembawa acara Millionaire Singer) akan tampil 1 jam lagi, selengkapnya sebagai berikut:

C_SitohangLovers @ShawtyChoky · Aug 10 1 jam lg niih ntn bang @VictorySitohang di Milionaire Singer di TransTV @MSinger_TTV jam 19 nnti. Kali ini LIVE loh!


Kali ini (Minggu, 10 Agustus 2014) LIVE loh. Artinya tayangan perdana memang bukan live.




Untuk memperbesar tampilan, silakan klik pada gambar

Gambar 1

 Gambar 2
 Gambar 3

 Gambar 4
 
 Gambar 5


Kok bisa acara tidak live tapi menyatakan penilaian pemenang berdasarkan vote dari penonton di studio, SMS dan Twitter penonton di rumah???

Vote dari penonton di studio tidak masalah, tapi SMS dan Twitter??? Saat acara tersebut akan ditayangkan (nama pemenang sudah ada dan Choky menyebutkan nama pemenangnya pada tayangan itu, acara itu sudah direkam sebelum ditayangkan alias tayangan itu adalah rekaman). Untuk apa penonton mengirim SMS atau Twitter dukungan jika semua hasilnya sudah ada?

Apakah Anda termasuk orang yang mengirimkan SMS dan Twitter saat menyaksikan acara Millionaire Singer pada hari Sabtu, 09 Agustus 2014 tersebut???


NB:
Penulis melihat kasus lain. Tayangan di Berpacu dalam Melodi di NET (juga bukan live). Saat acara ditayangkan, ada kuis untuk penonton (dijawab via Twitter). Itu masih bisa dimengerti kiriman Twitter itu untuk bagi hadiah kepada penonton di rumah (bukan penentuan kontestan peserta acara). Saat acara tayang, pihak penyelenggara memilih jawaban mana yang tepat dan menayangkannya berupa teks di layar TV. Penulis bisa percaya itu karena David Bayu (MC Berpacu dalam Melodi) tidak membacakan nama pemenang. Nama pemenang baru ditambahkan saat acara ditayangkan.

Bagaimana pendapat Anda???
0 Responses

Poskan Komentar

abcs