Susilo Wonowidjojo = Putera Sampoerna???

Bermula dari baca berita di dunia maya, penulis mendapatkan info yang membingungkan. Berita tentang konglomerat bernama Susilo Wonowidjojo (PT Gudang Garam Tbk) dan Putera Sampoerna (PT HM Sampoerna Tbk). Kedua nama ini adalah konglomerat dengan usaha utama yang sama, yakni rokok. Penulis bukan ingin bicara soal rokok atau uang-nya, tapi soal wajah keduanya.

Pada beberapa berita tentang rokok Gudang Garam (Susilo Wonowidjojo) dan berita tentang rokok Sampoerna dan Dji Sam Soe terpasang foto yang sama seperti foto di bawah ini.



Ini foto Putera Sampoerna atau Susilo Wonowidjojo? 
Sekedar info, foto ini penulis ambil dari situs Sampoerna Foundation, silakan klik: Sampoerna Foundation


Pertanyaannya sederhana, apakah mungkin situs mereka sendiri (Sampoerna Foundation) salah memasang foto Putera Sampoerna??? Secara logis, jawabnya tentu TIDAK!

Kalau begitu, foto di atas tentu benar foto Putera Sampoerna, bukan foto Susilo Wonowidjojo. 

Mari kita lihat begitu banyak situs yang memasang foto yang salah. Biar lebih meyakinkan Anda, penulis tidak sekedar memberikan tautan saja, tapi penulis berikan screenshot (gambar yang berisi berita plus foto dari situs yang bersangkutan) yang salah memasang foto. 

Mengapa tidak memasang tautan/ link saja? Karena jika hanya tautan saja, saat mereka menyadari kekeliruan pemasangan foto, pasti akan diperbaiki dan yang terjadi justru Anda yang mengatakan penulis yang salah (seolah penulis mengatakan situs tersebut salah pasang foto, padahal sudah benar). Iya nggak???

Untuk memperbesar tampilan (lihat alamat situs, baca berita, lihat gambar dengan jelas), silakan klik pada gambar. 
Tulisan warna merah atau biru di bawah foto adalah tautan ke situs yang bersangkutan (silakan klik untuk cross check dengan foto yang penulis tampilkan).


Situs Mitra Investor (situs tentang bisnis/ investor) kok salah pasang foto pebisnis/ konglomerat?



Penulis juga tidak begitu tahu yang mana foto Susilo Wonowidjojo (PT Gudang Garam Tbk). Penulis meminta bantuan Mbah Google, akhirnya menemukan foto Susilo Wonowidjojo dan Putera Sampoerna dari situs yang sama, yakni situs Forbes.


Forbes


  
Beribut beberapa situs lain yang juga salah pasang foto:

Perhatikan nomor 2 dan 9, foto orang yang sama (Putera Sampoerna), Teropong Bisnis

Susilo Wonowidjojo di Hipwee


Ada yang lebih unik lagi dalam kesalahan pasang foto, yakni  situs di bawah ini.




Byrest (Media Belajar Bisnis Online)
Kalau situs lain menulis tentang rokok Gudang Garam dan Susilo Wonowidjojo tetapi memasang foto Putera Sampoerna (rokok Dji Sam Soe dan Sampoerna), situs byrest dengan tagline: "Media Belajar Bisnis Online" malah memasang foto bos Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja, silakan klik: Eka Tjipta Widjaja



Sebenarnya masih cukup banyak yang salah memasang foto, tapi penulis cukupkan sekian saja.

Terakhir penulis menemukan berita dengan judul ini: Bos Pemilik Gudang Garam Ini Ternyata Tidak Merokok, Ketika Ditanya Jawabannya Mengejutkan!

Entah berita ini memang benar (kisah nyata) atau hanya guyonan. Tapi yang jelas, foto bos Gudang Garam yang dipasang juga salah. Jadi wajar jika pembaca pun kurang percaya kebenaran tulisan tersebut. (Info terbaru: tautan untuk tulisan di bawah ini sudah tidak bisa diakses).

   Kamas Top

Referensi:
  1. Susilo Wonowidjojo di Wikipedia (lahir di Kediri dengan nama Cai Daoping, anak ke-3 Surya Wonowidjojo, pendiri perusahaan rokok Gudang Garam yang berpusat di Kediri, Jawa Timur). Sayangnya di Wikipedia pun tak ada fotonya.
  2. Putera Sampoerna di Wikipedia (lahir di Schiedam, Belanda, 13 Oktober 1947, anak Aga Sampoerna, cucu Lim Seeng Tee, pendiri perusahaan rokok HM Sampoerna yang  berpusat di Surabaya, Jawa Timur).

Foto (juga biodata Susilo Wonowidjojo) memang sangat jarang di dunia maya. Hasil googling (selain di situs Forbes), penulis mendapatkan foto Susilo Wonowidjojo di situs: Liputan 6 dan situs Istri Muda.

Kalau dicek dengan Google, berita tentang orang terkaya di Indonesia (Susilo Wonowidjojo) atau berita tetang perusahaan rokok Gudang Garam dan melampirkan foto, lebih banyak yang salah daripada yang benar

Silakan Anda cek kata dengan kata kunci "Susilo Wonowidjojo" lalu pilih foto atau klik ini: "Susilo Wonowidjojo" dan lihatlah foto yang muncul.  Entah kesalahan ini terjadi sejak kapan.

Anehnya, Liputan 6 memasang foto yang berbeda untuk orang yang sama (hanya beda 2 hari). Pada artikel 6 Des 2015 pukul 21.00 WIB oleh Satria Yudha dengan judul artikel "Inilah 10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015", foto Susilo Wonowijojo seperti di bawah ini:


 
Lalu di artikel 8 Des 2015 pukul 20.50 WIB oleh Zulfi Suhendra dengan tulisan berjudul  "Berkat Rokok, Pria Ini Jadi Orang Terkaya ke-2 di RI" foto Susilo Wonowidjojo yang dipasang seperti ini:


 
Keduanya sama-sama menulis tentang Susilo Wonowidjojo selaku pemilik perusahaan rokok Gudang Garam.


Di akhir tulisan ini,  setelah melihat sekian banyak situs yang salah memasang foto (setidaknya menurut penulis), pada akhirnya penulis sendiri jadi ragu. Sehingga penulis membuat foto di bawah ini... hehehe...



Pertanyaan lanjutan, apakah perusahaan rokok Gudang Garam dan Sampoerna dimiliki oleh orang yang sama???
 
Jika berkenan, silakan berkomentar (mohon tidak spam/ pasang iklan ataupun berkomentar tapi tidak ada relevansi dengan tulisan). Harap maklum saja jika komentar SPAM akan dihapus.

3 Responses
  1. Erwin Soelistijo Says:

    Susilo Wonowidjojo benar yang kiri karena pernah liat orangnya secara langsung

  2. Hendry Filcozwei Jan Says:

    Erwin Soelistijo, terima kasih atas komentarnya. Info akan menguatkan info yang saya dapat. Saya yakin foto sebelah kanan adalah foto Putera Sampoerna karena diambil dari situs Sampoerna Foundation.

    Salam,

    Hendry F.Jan
    www.rekor.blogspot.com

  3. Anonim Says:

    Ada nya foto tidak di publikasi selama ini krn beliau memang menghindari publik... agar tdk diketahui yg mana fisiknya.. bertemu pun beliau sederhana, dan tdk prnh mau difoto sembarangan even di acara2 besar beliau. Terkecuali candid.

Posting Komentar

abcs