Buat Links Praktis & Hemat Waktu

Bagaimana internet dengan biaya seminim mungkin? Salah satu caranya adalah, siapkan segala sesuatunya sebelum kita connect internet. Jadi bila ingin kirim email, konsep surat, alamat email yang dituju, dan segalanya sudah disiapkan. Jadi saat connect internet, tinggal masuk ke web, copy, paste, kirim.

Begitu juga saat nge-blog. Saat internetan, tinggal copy & paste, lalu publikasikan. Ini pengalaman saya nge-blog di blogger (blogspot). Secara tidak sengaja saya menemukan bahwa alamat website atau blog (selanjutnya saya sebut web) yang dihapus atau kita ganti jadi kata apa pun, jika di-klik akan tetap membawa kita ke web yang bersangkutan. Jadi semua links bisa saya siapkan sebelum connect internet. Termasuk warna tulisan yang kita inginkan.

Saya contohkan alamat web www.ini-gratisan.co.cc. Kita hapus berapa huruf pun (bahkan tersisa 1 tanda baca berupa titik pun tetap, bila di-klik, akan mengantar kita ke web yang bersangkutan.

Berikut contohnya:
www.ini-gratisan.co.c (buang 1 huruf c paling belakang)
www.ni-gratisan.co.c (buang lagi 1 huruf i di tengah)
www.gratisan.co.c (buang lagi tulisan ni- di tengah)
gratisan.co (tersisa kata: gratisan.co)
. (hanya tersisa tanda baca berupa 1 titik)

Semuanya kalau di-klik, tetap akan mengantar kita ke web yang bersangkutan.

Bagaimana kalau kita ingin links itu ditulis dengan kata lain? Bisa saja, letakkan “cursor” Anda di dalam alamat web (di mana saja asal bukan sebelum atau setelah tulisan alamat web tersebut). Ketiklah kata yang Anda inginkan lalu hapus semua huruf yang tak terpakai. Cara pertama ini adalah cara yang paling praktis.

Cara kedua. Bisa juga hapus dulu, tapi sisakan minimal 2 huruf, lalu letakkan cursor Anda di antara kedua huruf itu baru mulai mengetik kata yang diinginkan dan terakhir hapus 2 huruf tadi. Tapi ini agak merepotkan. Why? Anda harus ingat cara menghapusnya. Huruf paling akhir bisa Anda hapus dengan menekan tombol “delete” (letakkan “cursor” sebelum huruf tersebut, tekan tombol “delete”) . Huruf paling depan? Ini yang harus jadi perhatian. Anda tidak bisa menggunakan cara sama, karena begitu tekan 1 kali tombol “delete” alamat web akan ter-blok (jadi warna hitam), tekan 1 kali lagi tombol “delete” maka semua alamat web akan hilang. Caranya? Letakkan “cursor” setelah huruf yang akan Anda hapus, lalu tekan tombol tanda panah ke kiri (ß). Pada cara pertama pun demikian. Hanya proses menghapus tulisan tak terpakai pada cara kedua HARUS dilakukan 2 kali (sebelum mengetik kata yang diinginkan dan setelah mengetik kata yang diinginkan).

Kita pakai cara pertama. Contoh web ini: www.rekoris.co.cc Kita ingin agar links-nya diganti dengan kata “klik di sini” Letakkan “cursor” di dalam alamat web tersebut, misalkan di antara huruf w pertama dan w kedua. Lalu mulailah mengetik sehingga hasilnya seperti ini:


Lalu hapus semua huruf yang tak terpakai hingga tersisa seperti ini:


Mudah ‘kan? Jadi ketik semua bahan yang ingin Anda masukkan ke blog di MS Word (termasuk links), connect internet, masuk ke blogger, tinggal copy, paste, publikasikan.


Dapat ilmu ini secara tak sengaja, saya jadi terpikir, kalau begitu, alamat blog saya bisa dong ditulis dengan alamat web terkenal? Ya bisa saja. Ini saya contohkan links ke alamat blog saya tapi dengan tulisan alamat web terkenal. Sekalian saya contohkan dibuat warna-warni sesuka kita (saat mengetik di MS Word, lalu copy paste ke blogger pun hasilnya sama, berwarna seperti ketikan kita di MS Word). Sekedar catatan, warna di MS Word jauh lebih komplet dibanding di blogger. Di blogger hanya ada 70 warna (7x10), di MS Word lebih dari 127 warna.

Berikut contoh links ke blog saya, yang saya sulap seolah nama web terkenal:

0 Responses

Posting Komentar

abcs