Membuat Password File MS Word

Ada saja tangan jahil yang akan iseng membaca dokumen pribadi kita. Dari yang sekedar iseng (misal flashdisc kita tertinggal), sampai yang curi-curi kesempatan membuka file kita di kantor ataupun di rumah saat kita tinggal sebentar (ke toilet misalnya).

File dalam bentuk document (.doc) di MS Word sebenarnya bisa di-password. untuk mencegah ulah tangan jahil tadi. Kalau ada tangan jahil yang ingin membukanya, mereka diminta memasukkan password. Kalau tak cocok, file tidak akan terbuka.

Di jaman serba canggih seperti sekarang ini (banyak yang jago komputer seperti para hacker), cara ini mungkin tak terlalu aman. Rasanya tak ada password yang tak bisa mereka pecahkan. Tapi sekedar mencegah ulah tangan jahil membaca dokumen penting kita, bolehlah file MS Word kita beri password. Caranya mudah kok.

Saran penulis, Anda buat 1 file baru untuk latihan dulu pembuatan password ini. Yang penulis takutkan Anda pelupa, file Anda yang sebenarnya, setelah Anda password, Anda sendiri tak bisa membukanya. Setelah Anda yakin bisa, barulah mem-password file Anda yang sebenarnya. Ini caranya:
  1. Buka file MS Word Anda, klik "Tools" lalu "Options" lalu "Security"
  2. Di sana ada 2 kotak kosong siap untuk dimasukkan password. Ada 2 pilihan, password hanya untuk membuka file, dan password untuk memodifikasi (mengubah) file tersebut. Saran penulis, pakai keduanya. Masukkan password ke kedua kotak tersebut (bisa password yang sama, bisa juga keduanya berbeda). Demi keamanan, sebaiknya 2 password itu berlainan. Jadi ada password untuk buka dokumen dan ada password untuk memodifikasi dokumen.
  3. Setelah itu klik "OK" dan seperti biasa, Anda diminta memasukkan ulang password-nya sebagai penegasan/ konfirmasi.
  4. Selesai. Anda tinggal klik ikon bergambar disket untuk menyimpan file Anda.
  5. Silakan coba buka file tersebut dengan password yang baru Anda masukkan. Semoga file Anda aman dari tangan jahil.

Mengapa penulis menyarankan pakai 2 password (password untuk membuka file dan
password memodifikasi file)?

Dua buah gembok tentu lebih baik daripada satu gembok 'kan?

Kalau Anda hanya pasang password untuk membuka file, begitu file terbuka (mereka tahu password Anda), selain bisa membaca file Anda, mereka juga bisa mengubah (mengacak-acak) data di file Anda tersebut.

Kalau hanya password untuk memodifikasi? Tanpa tahu password, mereka bisa buka file Anda. Ketika mereka klik nama file, maka akan muncul 3 pilihan: Read Only, OK, atau Cancel. Ketika mereka pilih "Read Only" maka file otomatis terbuka. Mereka bisa baca semua isi file Anda (memang mereka tak bisa mengubah isi file Anda).

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di tips berikutnya.
0 Responses

Poskan Komentar

abcs