Nama Toko yang Nyeleneh...

Banyak cara untuk menarik perhatian orang. Di bidang kuliner, orang terus melakukan inovasi. Baik yang benar-benar membuat makanan/ minuman baru atau sekedar modifikasi rasa (seperti di Bandung ada serabi/ surabi dengan tiga puluhan rasa). Kalau membuat menu baru, namanya sering dibuat aneh-aneh sehingga menarik perhatian orang lewat. Anda mungkin sudah pernah mendengar nama: sop buah, rawon setan, nasi kalong, dan nama aneh lainnya.

Nama toko, bukan hanya sebagai identitas (memudahkan orang mengenali atau mengingatnya), tapi juga sebagai petunjuk, apa sih... yang didagangkan.

Kalau Anda mendengar nama: Sari Nikmat, Sumber Bangunan, Pustaka Ilmu, Sehat Farma, apa yang terlintas di benak Anda? Penulis yakin, Anda pasti bisa menebak: Sari Nikmat itu rumah makan, Sumber Bangunan itu toko bahan bangunan, Pustaka ilmu itu toko buku, Sehat Farma itu toko obat atau apotek. Ya, Anda benar.

Jadi, sangat tidak dianjurkan Anda membuka rumah makan dengan nama: Sumber Bangunan, misalnya. Pasti akan banyak orang nyasar atau telpon nyasar ke Sumber Bangunan mau pesan semen, cat, kuas cat, dan lain-lain. Orang yang lapar (sedang cari rumah makan), meski dari kejauhan membaca nama toko Anda: Sumber Bangunan, pasti akan mencari tempat lain yang dianggapnya restoran atau rumah makan.

Di Bandung, penulis pernah menemukan beberapa toko yang memberikan nama "nyeleneh" untuk nama tokonya. Mungkin sekedar untuk menarik perhatian orang yang lewat. Sebuah toko komputer memberikan nama "Cacingan dot com" untuk tokonya. Kemudian sebuah toko perlengkapan bayi memberi nama yang bagus untuk tokonya: Be Our Luck, tapi singkatannya itu yang unik: Beol (bahasa gaul untuk buang air besar). Pernah juga penulis menemukan toko dengan nama: Telur Gajah dengan logo seekor gajah yang bertelur.

Pasti masih banyak lagi nama-nama unik di sekitar Anda. Ulah iseng kreatif untuk menarik perhatian.

0 Responses

Poskan Komentar

abcs