Anda Sudah Punya Kembaran Blog Anda???

Kembaran blog? Apa sih…??? Mungkin banyak yang bingung. Biar tidak bingung, penulis jelaskan dulu ya…?

Sama dengan orang, ada orang kembar. Ada kembar 2, kembar 3, dan seterusnya. Apa yang unik dari kembar? Sebagian besar mukanya mirip satu sama lain, bahkan tidak jarang orang sulit membedakannya.

Blog kembar juga begitu. Blog yang satu dengan blog yang lainnya mirip. Jelas ‘kan?

OK, anggap saja jelas untuk sementara. Lantas apa gunanya punya blog kembar?

Begini, Anda pernah melihat produk terkenal, lalu muncul produk pesaing dengan bentuk kemasan, merek, dan lainnya mirip dengan produk asli? Sekali lagi, mirip. Jadi produk pesaing ini membuat produk yang mirip (bukan membuat produk palsu lho…).

Tujuannya? Jelas untuk men-dompleng kesuksesan produk asli. Kalau Anda tidak teliti (misal sedang terburu-buru) Anda bisa salah beli. Misalkan saja (ini andai saja lho... nanti dikira mendiskreditkan merek tertentu bila memang ada): air minum kemasan ber-merek: AQUA. Lantas ada pesaing yang membuat produk sejenis dengan merek AGUA. Bentuk botol, warna kemasan, tipe huruf, semua dibuat mirip. Anda pasti terkecoh.

Produk asli berjuang keras mempromosikan produk mereka (biaya promosi/ iklan sangat mahal), pesaing tinggal menunggu orang “nyasar” untuk mendapatkan pembeli. Tak perlu biaya iklan. Enak ‘kan?

Anda bayangkan bila Anda berusaha susah payah memperkenalkan blog Anda (terlebih blog bisnis). Blog kembaran Anda mendapat traffic dari orang yang salah ketik alamat blog. Itu sekedar blog pribadi. Kalau blog bisnis? Anda susah payah beriklan, pesaing mendapatkan pembeli (karena nyasar).

Nah… mumpung buat blog itu gratis, mengapa kita tidak buat blog kembarannya? Lain halnya dengan situs berbayar yang pakai Top Level Domain (TLD) seperti .com. Perlu biaya tambahan membeli nama kembaran blog kita.

Sudah jelas?

Jelas. Tapi saya belum sepenuhnya mengerti bagaimana yang disebut blog kembar atau kembaran blog kita?

OK. Tidak semua blog punya kembaran. Khususnya blog yang menggunakan nama 1 kata dan kata itu dalam bahasa Inggris dan Indonesia-nya sama. Misalnya blog Anda bernama: www.top.blogspot.com Nah… yang sejenis ini tak ada (tak perlu buat kembaran blog-nya karena memang tak ada kembarannya).

Nama blog seperti apa yang punya blog kembaran? Nama yang dalam bahasa Indonesia dan Inggris-nya mirip. Misal www.komputer.blogspot.com dan www.computer.blogspot.com Jadi kalau blog Anda bernama: komputer, Anda buat juga blog dengan nama: computer. Tidak perlu repot mengelola 2 blog, cukup kelola 1 blog.

Yang satu-nya? Blog kembaran hanya untuk re-direct. Misal blog Anda bernama: komputer (ini yang akan Anda pakai), di blog kembaran (computer) cukup beri tulisan: blog kami ada di www.komputer.blogspot.com (silakan klik). Jadi yang salah ketik pun tetap akan mengunjungi blog Anda. Ya, daripada mereka nyasar ke blog orang lain, mengapa kita tidak buat kembaran blog kita sendiri? Mumpung gratis.

Nama lain yang punya kembaran adalah nama yang punya 2 kata yang sama-sama dipakai. Misalnya kata: napas dan nafas, telur dan telor, dan yang lainnya.

Kemudian blog yang menggunakan 2 kata atau lebih. Misalnya: www.silakantanya.blogspot.com Anda buat juga blog dengan nama www.silakan-tanya.blogspot.com

So… jangan biarkan kembaran blog Anda diambil orang lain dan mereka mendapatkan traffic (bahkan pembeli) dari pengunjung nyasar (karena salah ketik alamat blog Anda).

Jadi kalau ada teman yang tanya "Alamat blog toko komputer kamu apa?" Anda sebut saja "Komputer dot blogspot dot kom." Anda tak perlu menjelaskan komputer-nya pakai huruf "k" atau pakai huruf "c" karena keduanya memang blog Anda.

Semoga bermanfaat…
0 Responses

Poskan Komentar

abcs