Angle Tepat = Foto Unik

Penulis bukanlah seorang fotografer, hanya seorang penggemar fotografi (suka lihat jepretan karya fotografer yang unik dan menarik). Karena bukan fotografer, tentu saja penulis kurang paham teknis fotografi. Jadi jangan tanya bagaimana pencahayaan, ukuran/ asa film mana yang tepat, bukaan kamera, dan sebagainya.

Sekarang ini, kamera bukanlah barang mewah. HP/ ponsel berkamera sudah murah. Dan tidak aneh kalau sebagian besar orang "membawa kamera" ke mana-mana (maksudnya membawa ponsel berkamera). Nah... dengan kamera seadanya ini pun, kita bisa menghasilkan foto yang unik.

Salah satu ide kreatif yang penulis dapatkan dari foto-foto unik di internet adalah bermain dengan angle (sudut pengambilan gambar). Anda bisa lihat beberapa contoh foto di bawah ini. Ada: Es Krim Awan, Kuda tanpa Kepala, Manusia Berkepala Lampu, dan Inilah Si Pembuat Menara Miring.

Banyak foto unik dan menarik dihasilkan fotografer profesional yang ber-insting tajam. Mereka tahu kapan harus memencet tombol kamera untuk mengambil momen penting yang hanya terjadi sepersekian detik. Kalau terlambat, hilang sudah momen tersebut.

Tapi kita yang bukan fotografer profesional bisa juga menghasilkan foto unik dan menarik. Caranya? Kalau mereka (fotografer profesional) jeli menangkap setiap detik momen yang terjadi di sekitarnya, kita bisa "mencari-cari" momen atau obyek yang bisa kita jadikan foto yang unik.

Lihat saja foto-foto di bawah ini. Mudah-mudahan Anda terinspirasi. Misal saat melihat awan dengan bentuk tertentu, Anda bisa menghasilkan foto yang unik. Pada foto di bawah, awan dijadikan es krim. Melihat hewan (seperti kuda pada foto di bawah ini), Anda bisa menunggu momen itu terjadi. Pemotret menunggu kuda menoleh ke kanan lalu menjepretnya, jadilah kuda tanpa kepala. Anda tinggal mengatur angle (sudut pengambilan gambar) yang tepat.

Ada ide? Anda bisa menggunakan lidah api Monas menjadi obor di tangan putra/ putri Anda. Atau hal kreatif lainnya.

Jangan takut untuk mencoba, jepret saja. Kalau hasilnya tidak bagus? Hapus saja dan ulangi lagi. Semoga tulisan ini bermanfaat serta menginspirasi Anda untuk menjadi orang kreatif yang bisa menghasilkan foto unik dan menarik.




"Es Krim Awan"



"Kuda Tanpa Kepala"


"Manusia Berkepala Lampu"


"Inilah Si Pembuat Menara Miring"

Maksudnya bukan orang ini arsitek yang membangun menara Pisa
(menara miring), tapi "gara-gara tendangan orang iseng inilah
menara Pisa jadi miring" he...3x. Kreatif!




Atas: "Dhika Memandangi Ray yang Berdiri di Telapak Tangannya",
bawah: Foto Ray yang diperbesar.


Ini hasil praktik teori Angle Tepat = Foto Unik. Belum terlalu bagus sih... Tapi lumayan 'kan?
2 Responses
  1. lanie Says:

    Hahahahahah... menarik juga ya Ko :)

  2. Hendry Filcozwei Jan Says:

    Lani, trims sudah mampir dan berkomentar. Boleh dicoba tuh trik Angle Tepat = Foto Unik"-nya.

    Salam

    Hendry Filcozwei Jan
    www.rekor.blogspot.com

Poskan Komentar

abcs