3 Mesin Pencari Andalan Penulis

Untuk kegiatan mengetik komputer atau ber-internet, mesin pencari adalah salah satu alat bantu yang banyak memudahkan penulis. Cari file lama yang lupa disimpan di folder mana, cari kata tertentu di layar monitor, atau cari sesuatu di dunia maya yang maha luas.

Mesin pencari adalah alat bantu yang sangat memudahkan semua kegiatan itu. Ada 3 "mesin pencari" untuk 3 keperluan tersebut. Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi untuk pemula mungkin ini berguna.

Untuk mencari file-file Anda yang ada di komputer (kadang terlalu banyak folder dan subfolder), Anda jadi bingung di mana harus mencarinya. Di cari secara manual satu persatu pasti akan memakan waktu yang lama.

Bagaimana caranya? Anda tinggal klik Start (di sudut kiri bawah), cari tulisan: Search dengan gambar kaca pembesar di sampingnya. Klik saja tulisan Search, lalu muncul pilihan, apa yang akan Anda cari: Pictures, music, or video, Documents (word processing, spreadsheet, etc.), All Files and Folders, dan Computer or people. Tinggal Anda mengingat kira-kira nama file tersebut Anda menggunakan kata apa.

Kalau mencari sebuah kata di halaman yang sudah terbuka di monitor? Tinggal tekan tombol Control (Ctrl) lalu tekan tombol huruf F atau dengan menekan tombol F3. Ketik kata yang Anda cari, maka otomatis kata yang Anda cari akan diberi warna background hijau. Kalau bukan itu, atau mencari kata tersebut selanjutnya, tinggal klik tanda panah ke bawah (Next).

Kalau mencari sesuatu di internet yang maha luas? Penulis mengandalkan Mbah Google. Tinggal klik tulisan di samping ini: Google maka akan terbuka halaman mesin pencari Google. Tinggal pilih kategori apa yang Anda cari: Gambar, Maps, Berita, Buku, dan lain-lain. Ketik kata yang Anda cari, lalu tekan Enter.

Sebagai info tambahan, semakin banyak kata yang Anda masukkan (kata kunci), semakin mempersempit (mempermudah) pencarian Anda. Misalnya Anda mencari undangan. Jika Anda mengetik kata: undangan, maka hasilnya akan sangat banyak. Undangan apa yang Anda cari? Undangan pernikahan, undangan ulang tahun, dan lain-lain. Misalnya: undangan pernikahan, maka ketika Anda mengetik kata: undangan pernikahan, maka hasil pencarian pasti akan lebih sedikit dibanding kata undangan. Lebih sedikit lagi bila Anda menambahkan tanda petik pada kata tersebut. Bandingkan saat Anda googling dengan kata kunci: undangan pernikahan dan "undangan pernikahan." Pasti hasil dengan menggunakan kata kunci dengan tanda petik akan lebih sedikit.

Apa bedanya? Kalau hasil dengan kata kunci: undangan pernikahan, hasilnya adalah situs/ blog yang mengandung kata tersebut. Misalnya saja merujuk pada situs koran, isi berita koran hari itu mengandung kata undangan dan pernikahan. Bisa kata undangan pernikahan (sebagai satu kesatuan) tapi bisa juga hanya mengandung kata: undangan dan pernikahan. Misalnya seperti ini: undangan yang hadir pada peresmian hotel tersebut mencapai 1.000 orang, lalu di bagian lain: pernikahan mereka sudah memasuki usia 25 tahun.

Padahal yang Anda cari gambar/ foto contoh-contoh undangan pernikahan. Hasilnya? Hasil yang keluar belum tentu undangan pernikahan melainkan juga yang hanya mengandung kata: undangan dan pernikahan. Kesimpulan, menambahkan tanda petik akan mempersempit hasil pencarian (hasilnya lebih sedikit, sehingga Anda lebih mudah menemukannya). Kalau Anda lebih yakin lagi, tambahkan lagi kata-kata kunci lainnya. Misalnya: "undangan pernikahan 6 bahasa" coba Anda klik: "undangan pernikahan 6 bahasa" maka hasilnya lebih spesifik lagi. Semoga info ini bermanfaat dan selamat mencoba...
0 Responses

Poskan Komentar

abcs