Sangat Sulitkah Memberantas KORUPSI???

Kita semua sudah sangat kenal dengan 1 kata ini: KORUPSI. Ramai dibicarakan di pergaulan sehari-hari, juga setiap media (dari cetak sampai elektronik). Diskusi tentang kasus korupsi di TV pun selalu ramai. Ramai dibicarakan, tapi dari tahun ke tahun kasusnya tak berkurang. Satu persatu pejabat dari tingkat rendah, lurah sampai gubernur ditetapkan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) sebagai tersangka kasus korupsi.

Pertanyaannya adalah: Sangat sulitkah memberantas korupsi???

Saat menjelang putaran 1 pemilihan gubernur DKI, penulis menyaksikan wawancara stasiun TV swasta dengan salah satu calon wakil gubernur DKI, yakni: Basuki Tjahaja Purnama (ternyata inisial BTP yang juga merupakan singkatan motto beliau: Bersih Transparan Profesional). Di pemilukada ini Basuki atau akrab disapa Ahok, berpasangan dengan Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi. Reporter bertanya kepada Ahok, bagaimana Anda sukses menjalankan pemerintahan yang bersih semasa Anda menjadi Bupati Belitung Timur?

Inti ucapan Ahok yang penulis tangkap kurang lebih seperti ini:
"Mudah saja. Saat menjadi bupati, saya kumpulkan jajaran pemerintah daerah di bawah saya. Saya katakan, Anda jangan korupsi. Kalau Anda korupsi, Anda akan saya copot! Jangan beralasan korupsi karena kejar setoran, saya tidak pernah minta setoran dari Anda."   

Ternyata cukup bicara begitu saja. Tapi beliau juga memperhatikan penghasilan bawahannya dengan meluangkan waktu berbicara langsung. Jika dirasa pendapat mereka kurang, Ahok menambahkan tunjangan, yang dananya diambil dari APBD. Kebutuhan mereka tercukupi, mereka bekerja dengan tenang, tanpa berpikir untuk korupsi demi mencukupi kebutuhan. Dana pembangunan pun bisa dimaksimalkan untuk pembangunan. Dan yang pasti, apa yang dikatakan, beliau katakan. Jadi "Saya tidak pernah minta setoran dari Anda" bukan hanya lips service

Penulis jadi berpikir, mengapa di daerah lain hal ini sulit diterapkan? Menurut penulis, intinya adalah pemimpin harus memberikan teladan. Kalau pemimpinnya bersih (tidak korupsi), maka bawahan pun tak akan berani korupsi. So... jika daerah lain korupsi masih merajalela, artinya...?


Daftar bacaan:

  1. Basuki Tjahaja Purnama / Ahok BUPATI paling BERHASIL di Indonesia (Kaskus)
  2. Jangan Bosen, Lagi-Lagi Ini Tentang si Ahok (Hijau Transparan) 
  3.  

 

0 Responses

Poskan Komentar

abcs