Chaos Diterjemahkan jadi KAOS

Waktu menjelajah dunia maya, yang pertama penulis kunjungi adalah Yahoo (cek email dan baca berita yang menarik). 

Ada berita di Yahoo yang menarik perhatian, judulnya: Wasit Keluarkan 17 Kartu Merah dalam Satu Laga. Komentar pembaca (yang teliti) mempertanyakan: kok kata "chaos" diterjemahkan menjadi "kaos"? Asal terjemahkan saja? Atau pakai Google Translate? Ternyata pakai Google Translate pun benar terjemahannya: kekacauan, entah pakai translator mana kata pembaca yang lain. Berita  Yahoo ini dikutip dari Beritasatu.

Berita keliru (baca: ketidaktelitian editor Yahoo) yang mengutip persis dan sepertinya tidak diedit lagi, memang seringkali terjadi pada berita di Yahoo. Salah satu yang saya abadikan adalah ini (silakan klik): Bagaimana Logika Berbahasa Seperti Ini???

Untung kali ini editor Yahoo rajin cek komentar pembaca, begitu baca ada kekeliruan, langsung diedit (di sumber berita masih keliru: "chaos" diterjemahkan "kaos", silakan klik: Beritasatu). Tapi sangat mungkin saat Anda klik, tulisan di Beritasatu juga sudah diperbaiki. Tapi tidak perlu khawatir, penulis sudah mengamankan fakta-nya, silakan Anda lihat tampilan gambar di bawah ini.

Karena Yahoo memperbaiki kata "kaos" jadi "kacau", pembaca yang membaca setelah berita diperbaiki pun saling menyalahkan (silakan lihat gambar: Komentar Pembaca 2). 


Agar lebih jelas membaca berita dan komentar pembaca,
silakan klik pada gambar untuk memperbesar tampilannya di bawah ini:


 Berita di Beritasatu.com


Berita di Yahoo.com


 Komentar Pembaca 1


 Komentar Pembaca 2

 
Terjemahan Google Translate 




Ada Links Tapi Tidak Dihapus

CATATAN: 
Komentar penulis (Tentang "chaos diterjemahkan jadi "kaos" silakan baca di links ini:  http://rekor.blogspot.com/2012/10/chaos-diterjemahkan-jadi-kaos.html) dihapus oleh Yahoo karena ada links (menyalahi: Pedoman Mengirim Komentar)

Ganti komentar: Yang mau lihat bukti ""chaos" diterjemahkan jadi "kaos" coba pakai Google lalu ketik kata kunci (pakai tanda petik): "chaos diterjemahkan jadi kaoseh... tetap dihapus juga oleh Yahoo meski tanpa links.  

Setelah beberapa kali coba tulis komentar, akhirnya komentar ini yang diperbolehkan oleh Yahoo: 

Jadi terinspirasi buat tulisan "chaos diterjemahkan jadi kaos" nih...

Dari pengalaman menulis komentar, penulis berkesimpulan, komentar pembaca tidak hanya disensor (dimoderatori) oleh software tapi juga oleh manusia. Buktinya, tanpa ada links pun tetap dihapus. Benar tidak?

Sabtu, 03 November 2012, penulis online dan menemukan ada yang berkomentar dan mencantumkan links tapi tidak dihapus (pada berita: "Terlalu Seksi, Video Klip Nova Eliza Tak Bisa Tayang"). Sampai ada pembaca (X Boys) persis di bawah komentar yang memasukkan links berkomentar. Silakan lihat gambar: Ada Links Tapi Tidak Dihapus.

Bagaimana nih Yahoo??? 
0 Responses

Poskan Komentar

abcs