Aneka Info di Dunia Maya

Penulis sangat tertarik dengan dunia maya. Perkembangan teknologi internet memang membuat hidup jadi lebih mudah. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan di dunia maya dan pelakunya tak perlu beranjak dari tempat duduk. Tidak perlu capek dan kena macet, semua ada di ujung jari. Tinggal klik.

Sebelum teknologi internet memasyarakat, kita bersentuhan secara fisik untuk banyak hal. Baca koran, kita memang memegang fisik koran tersebut. Membeli barang, kita datang ke toko, pegang fisik barang, bayar, bawa pulang.

Sekarang semua bisa dilakukan dari rumah, tanpa harus ke luar rumah. Kita yang tinggal di belahan dunia lain pun, bisa membaca berita yang sama dari koran (Kompas misalnya). Bahkan, kita bisa jauh lebih awal membacanya daripada orang yang tinggal di Indonesia tapi agak di pinggiran kota. Koran yang selesai dicetak, mulai dikemas lalu didistribusikan ke agen-agen lalu ke loper koran yang mengantar ke pelanggan atau ke pedagang koran yang menjajakan di pinggir jalan.

Orang di pinggiran kota harus menunggu fisik koran dari percetakan hingga sampai ke pedagang koran yang berjualan di sekitar rumahnya. Itu pun ia harus ke luar rumah dan membeli korannya. Sementara orang di belahan dunia lain, begitu berita diunggah (upload) ke situs koran tersebut, detik itu juga semua orang bisa baca. Tanpa harus ke luar rumah, masih mengenakan pakaian tidur, masih belum sikat gigi, ia bisa lebih dulu baca berita tersebut dar internet.

Belanja? Belanja online juga sama, bisa dilakukan tanpa harus ke luar dari rumah. Semua jadi serbapraktis.

Info apa saja yang ada di internet? Hampir semua info ada di internet. Dari info kejadian terbaru (saat ini) sampai info tentang masa lalu (sejarah). Info aneka produk (sudah banyak sekali perusahaan mempunyai situs ataupun blog) untuk memberikan info tentang produknya. Mau info politik, ekonomi, kriminal, samspai hiburan. Mau lihat foto sampai video, semuanya ada. Yang terpenting, tanyakan saja semua hal yang ingin Anda ketahui dan Anda cari pada Google. Semua beres.



Selengkapnya, silakan klik: Fasilitas dan Kreativitas di Dunia Maya
0 Responses

Poskan Komentar

abcs