Fasilitas dan Kreativitas di Dunia Maya

Kehadiran internet mengubah banyak sisi kehidupan manusia. Dunia maya layaknya dunia nyata dan menyediakan banyak sekali fasilitas dengan segala kemudahannya (jauh lebih praktis daripada cara konvensional).  

Surat-menyurat misalnya, dengan cara konvensonal kita harus menulis surat di sehelai kertas, lipat, masukkan amplop, lem, beli prangko, tempel prangko, masukkan ke bis surat. Beberapa hari kemudian barulah surat itu sampai ke tujuan. Si penerima surat membalas kita juga harus melalui langkah-langkah tadi. 

Bagaimana dengan adanya internet? Kirim email tentu jauh lebih praktis (teknologi lain: SMS, BBM, dan segala fasilitas chatting gratis seperti Line, Kakao Talk, We Chat, dan lain-lain) menjadikan komunikasi dengan tulisan jauh lebih mudah dan cepat. Hanya dalam hitungan detik, bukan hitungan hari.

Yang kita kenal secara umum, internet menyediakan fasilitas info (situs berita), surat menyurat elektronik atau email (hotmail, yahoo, gmail,...). Apa lagi ya? Penulis sajikan apa saja yang tersedia di dunia maya dengan adanya fasilitas internet ini. Juga aneka kreativitas para penggiat dunia maya dalam menghasilkan suatu yang baru agar bisa membantu sekaligus merebut perhatian para pengguna internet. 

Umumnya fasilitas yang disediakan gratis, mereka mengambil keuntungan dari iklan jika situs mereka sudah ramai pengunjung (atau sudah banyak pelanggan). Kadang mereka juga menawarkan fasilitas lebih (misalnya simpan data, maka yang jadi anggota dan membayar akan mendapat fasilitas lebih istimewa), namun fasilitas gratis tetap ada. 

Mari kita lihat situs apa saja yang dibuat orang-orang kreatif di dunia maya agar orang-orang mau mampir dan menjadi anggota situs mereka...

Warna biru pada tulisan di bawah ini merupakan tautan (link) yang memberi info lebih lanjut tentang hal itu. Silakan di-klik jika ingin membacanya.

Info yang penulis sajikan hanyalah info singkat saja (tidak mendetail). Jika ingin mencari info yang lebih lengkap, silakan gunakakan Google (banyak sekali situs atau blog yang membagikan info apa pun yang Anda cari). Kuncinya hanya rajin mencari.  

  1. Surat Elektronik. Surat elektronik (surel) atau electronic mail (email) adalah fasilitas yang paling umum (sarana berkirim surat elektronik, termasuk juga mengirim foto dan file kerja/ dokumen seperti file Ms Word, Exel, sampai file ebook .pdf)
  2. Aneka Info. Info apa pun yang Anda cari, rasanya hampir semuanya ada. Dari yang tempo doeloe sampai yang terbaru, dari info produk apa pun sampai berita olahraga, politik, dan lain-lain. Dari pelajaran sekolah sampai info hiburan.
  3. Mesin Pencari. Info apa saja yang Anda cari, dengan mudah dapat Anda temukan di dunia maya dengan bantuan mesin pencari. Google adalah mesin pencari paling populer di dunia maya. Rasanya hampir tak ada pengguna internet yang tidak kenal dan tak pernah menggunakannya. 
  4. Simpan Data. Para penggiat di dunia maya harus kreatif menciptakan situs yang memanjakan pengguna internet agar mereka mau menggunakan atau menjadi pelanggan tetap situs yang mereka buat. Semua harus serba gratis dan mereka akan mendapat uang dari iklan jika situs mereka sudah ramai pengunjung. 
  5. Blog Gratis. Email telah disediakan secara gratis. Media sosial sudah ada. Lalu muncul blog. Jika perusahaan umumnya punya situs berbayar (www.nama.com), muncullah blog yang gratis untuk siapa saja. Kita bisa punya situs secara gratis. Daftar, beri nama, isi blog sesuka Anda. Sama seperti email gratisan, kita harus membawa nama mereka di belakang alamat blog kita. 
  6. Widget Blog. Munculnya situs yang menyediakan fasilitas blog gratis, melahirkan banyak situs lain yang menyediakan widget (asesories untuk blog). Selalu ada peluang bagi orang yang kreatif.   
  7. Pamer Video. Yang punya video dan ingin dipamerkan, pasti kenal YouTube. Memang untuk urusan video, YouTube jagonya.
  8. Media Sosial. Ingin punya banyak teman di  dunia maya? Muncullah media sosial seperti Friendster, FaceBook, Twitter,... 
  9. Simpan Foto. Ada beberapa situs yang memberikan tempat bagi kita untuk menyimpan foto.   
  10. Google Unik. Anda bosan dengan tampilan Google yang standar? Funny Logo menyajikan fasilitas untuk membuat tulisan Google dalam berbagai variasi yang unik dan menarik. Bukan hanya bentuk tulisan, tapi kata yang dipakai sebagai Google (mesin pencari) pun bisa sesuka hati. 
  11. Biodata Situs. Ada yang menipu dengan berbisnis online. Hal ini melahirkan ide membuat situs yang memberikan data pemilik situs. Setidaknya kita tahu: situs tersebut atas nama siapa, kapan dibuat, kapan berakhir. 
  12. Download Video. YouTube menyediakan banyak sekali video (lagu, film, berita,...). Bagaimana kalau video itu ingin disimpan (download/ unduh)? Ternyata video YouTube tidak disiapkan untuk itu, maka lahirlah situs yang membantu (tanpa harus install software), jadi praktis.
  13. Rekening Bersama. Ramainya bisnis online (jual beli hanya via internet), bermunculan penipu yang cari kesempatan dalam kesempitan. Bagi orang kreatif, ini juga peluang bisnis, maka muncullah rekening bersama.
  14. IP Address. Dengan adanya blog gratis, muncul banyak sekali situs yang menyediakan segala macam asesoris blog (widget). Salah satunya widget untuk mengetahui IP Address. Widget ini sekaligus bisa berfungsi sebagai peta.
  15. Situs Mercusuar. Situs yang memberitahukan apa yang terjadi dengan situs yang Anda kunjungi.
  16.  

Tulisan ini akan terus diperbaharui dan terus ditambah dengan situs-situs baru hasil karya orang-orang kreatif di dunia maya. Penulis sering berdecak kagum dengan munculnya situs-situs baru yang menawarkan sesuatu yang bermanfat dan tak pernah terpikirkan. Itulah sebabnya muncul tulisan dengan label: 1001 Internet ini.

Masih banyak sekali yang belum ditulis. Nanti jika ada waktu senggang akan ditambah lagi. 

0 Responses

Poskan Komentar

abcs