Apa Kata Dunia???


Gara-gara melihat video YouTube Vicky Prasetyo lalu baca komentar para penonton video, penulis membuat tulisan (klik saja untuk membacanya): Mari Tertawa Bersama Karena Ada Bahasa Amburadul (baca juga: Biar Salah, yang Penting Keren).

Dari komentar penonton video yang sering menyebut nama: Toni Blank, penulis cari tahu siapa itu Toni Blank.

Ternyata banyak sekali info tentang Toni Blank. Toni punya blog: Toni-Blank, punya FB: The Toni Blank, punya Twitter: The Toni Blank. Toni punya banyak video yang bertajuk Toni Blank Show: Toni Blank. Dan yang mengejutkan, Toni Blank punya banyak fans! Bahkan ada yang dari luar negeri!

Media di dunia maya juga banyak yang membahasnya, sebut saja: Kaskus, Forum Indowebster, Kompas, Kompasiana, Kapanlagi, dan lain-lain. Ternyata Toni Blank sudah dibahas sejak tahun 2010! 

Anda kaget dengan fakta ini? Kok seterkenal itu Anda tidak (belum) tahu? Sama. Penulis juga baru tahu saat kasus Vicky Prasetyo ini ramai dibicarakan.

Siapa sih Toni Blank ini? Jangan kaget, ini faktanya (penulis kutip dari blog-nya).

Lalu, siapakah sebenarnya Toni Blank? Usut punya usut, Toni diketahui adalah seorang penghuni panti sosial di Yogyakarta. Ia mengalami apa yang disebut schizophrenia, yakni kekacauan jiwa serius yang ditandai dengan kehilangan kontak pada kenyataan (psikosis), halusinasi, pikiran abnormal, dan mengganggu fungsi sosial.

Video-video Toni diproduksi oleh rumah kreatif yang disebut-sebut paling kreatif dan paling nyeleneh di Jogja yakni X-Code Film. Video itu ditampilkan di YouTube dengan judul acara TONI BLANK SHOW dan menarik jutaan pengguna situs ini. Bahkan 'kewarasan' Toni berkomentar tentang beberapa hal, dikabarkan telah mengundang ketertarikan orang Amerika yang ingin bertemu dengannya secara langsung.


* * * * *

Ternyata ini hanya ulah iseng (kreatif) sekelompok orang, hanya buat hiburan saja. Yang belum pernah menontonnya, silakan tonton ini:





Sejauh ini, penulis "masih maklum" pembuatan video ini (menyalurkan kreativitas membuat video) dan kebetulan ada "aktor" yang dengan senang hati tampil dan mudah diatur (maksudnya tidak rewel atau malah ngamuk saat diwawancara, apa pun isi pertanyaannya). Bagi penonton yang mengerti bahasa Indonesia, pasti bisa memahami hal ini (hanya untuk lucu-lucuan).

Nah... yang jadi masalah jika yang menonton adalah orang asing dan tak begitu paham bahasa Indonesia. Melihat sekian banyak penonton video Toni Blank Show, membuat fans yang tak mengerti bahasa Indonesia bisa terkecoh. "Wah...hebat sekali Mas Toni ini" mungkin itu yang terlintas di benak fans dari luar Indonesia yang tak mengerti bahasa Indonesia.

Coba Anda simak video di bawah ini (Amanda, cewek dari Amerika yang menjumpai Mas Toni). Jika benar Amanda ini jauh-jauh dari Amerika (meski mungkin tujuan utamanya berlibur ke tempat lain),  kasihan juga karena ketidaktahuannya, Amanda menyempatkan waktunya bertemu dengan Mas Toni dan harus bengong dan bingung dengan sosok Mas Toni ini. Ngobrol pun jelas tidak nyambung. Penulis membayangkan apa yang dikatakan teman-teman Amanda saat tahu keadaan sebenarnya. Apa kata dunia ya???


Komentar penonton video ini:

Ada baiknya di bagian deskripsi video dijelaskan siapa sebenarnya Mas Toni Blank dalam bahasa Inggris dan maksud pembuatan video-video tersebut. Jadi orang yang tak mengerti bahasa Indonesia tidak "terjebak" jauh-jauh datang, ternyata orang yang ditemuinya tidak bisa diajak berkomunikasi dengan baik. 

Bagi orang asing, melihat penampilan Mas Toni (yang selalu mengucapkan "Saparatos"di akhir tayangan), mungkin mereka mengira Mas Toni seorang seniman dengan penampilan yang nyentrik

Waktu melihat video di atas (Amanda & Mas Toni) rasanya penulis tidak tega. "Orang bule kok dikerjain begini" meskipun bisa jadi memang ini "kesalahan Amanda sendiri".

Dalam video juga tidak terlihat ada yang berusaha menjelaskan siapa Mas Toni sebenarnya. Betapa anehnya Amanda diajak melihat senjata buatan Mas Toni dari barang bekas, berpelukan (fans dengan idola-nya), "ngobrol", dan lain-lain (plus kentut Mas Toni), entah asli atau hanya kerjaan editor video X-Code Film.

Di blog Mas Toni, penulis menemukan 3 foto Mas Toni dengan wanita. Tapi penulis tidak sempat melacak, siapa saja mereka dan tampil di Toni Blank Show episode berapa. Ini foto-foto mereka...







Catatan: 
FB, Twitter, blog, video dan lain-lain tentu saja bukan dikerjakan oleh Mas Toni. Anda bisa menyimpulkan hal ini dari segala ucapan Mas Toni di video-videonya.


Lihat juga video artis Indonesia & Toni Blank: 
  1. Prisia Nasution alias Pia Nasution & Mas Toni Blank 
  2. Tora Sudiro & Mas Toni Blank
  3. Dennis Adhiswawara & Toni Blank
  4. Giovani Tobing & Toni Blank
0 Responses

Poskan Komentar

abcs