Tempat Simpan File Online yang GRATIS

Kalau Anda baca posting-posting penulis (terutama Tips Internet-nya), mayoritas tentang hal-hal gratis. Ya, yang gratis memang enak dan hampir pasti semua orang suka.

Nah... di jaman internet ini, banyak sekali fasilitas yang diberikan gratis di dunia maya. Tinggal pintar-pintar-nya kita mencari dan memanfaatkannya. Ah... yang benar? Masa masih ada yang gratis di jaman serba sulit seperti ini? Ada dong, bukan hanya ada tapi banyak.

Anda punya alamat email? Apakah saat membuat email Anda bayar? Jangan bilang ya, saya bayar rental warnet. Uang yang Anda bayar itu adalah rental warnet (biaya koneksi internet). Kalau Anda hanya browsing atau surfing (meski tak punya email), Anda tetap harus bayar 'kan? Jadi yang Anda bayar itu itu bukan untuk yahoo atau gmail atau hotmail, tempat Anda buat account email.

Alamat email gratis. Terus apa lagi? Buat blog juga gratis. Anda bisa punya blog (entah di blogger/ blogspot atau tempat lain), juga gratis.

Komputer penulis pernah kena virus (kemungkinan besar dari koneksi internet). File-file penulis banyak yang tak terselamatkan. Lantas terpikir, ada nggak sih... tempat simpan file di internet yang gratis? Lalu penulis googling. Ternyata sangat banyak!

Awalnya penulis simpan beberapa data penting di email (maklumlah belum begitu mengerti internet). Kemudian penulis simpan data di blog. Kalau datanya umum (bukan rahasia, seperti artikel penulis yang sudah pernah dimuat di media cetak atau hal lain), penulis publikasikan. Kalau rahasia? Penulis simpan sebagai draft di blog.

Ternyata banyak sekali situs yang menyediakan tempat menyimpan file online secara gratis. Oh ya, sebelum memberikan links ke situs penyedia jasa gratis simpan file, sebenarnya untuk apa sih... atau apa sih... untungnya simpan file di internet?

Pertama: lumayanlah untuk back up data. Kalau file di komputer kena virus, atau flashdisc rusak, CD hilang atau rusak dan tak terbaca, kita punya back up (cadangan). Kedua: bisa diakses dari mana pun (asal ada koneksi internet). Anda berada di luar kota, sedang flashdisc Anda tak terbawa. Anda bisa mengakses back up data yang Anda simpan di internet.
Ruginya? Kalau data Anda bersifat rahasia, kemudian diambil orang lain? Ada saja kemungkinan untuk itu. Maklum saja, ada banyak hacker yang bisa melakukan itu. Tapi Anda bisa mengurangi resiko tersebut bila Anda berhati-hati. Seperti log out/ sign out setelah masuk ke email Anda (terlebih Anda akses internet dari warnet). Amankan file Anda dengan password, dan lain-lain.
Banyak sekali tempat yang menyediakan jasa penyimpanan file online secara gratis. Kapasitas yang diberikan juga bervariasi, aturannya juga bermacam-macam, file yang bisa disimpan juga bermacam-macam (data seperti .doc, .pdf, foto seperti .jpg, .jpeg, sampai video seperti .flv, .3gp, .avi, atau sound seperti .mp3, dan lain-lain). Ada yang tanpa batas waktu penyimpanan alias selamanya, ada yang memberi batas waktu sekian lama misalnya dalam waktu 30 hari tak ada aktivitas download file, maka file otomatis akan dihapus. Ada yang harus daftar dulu (buat account dulu, gratis kok), ada yang langsung bisa upload file Anda tanpa harus daftar. Bahkan banyak yang memberi peluang bagi Anda untuk mendapatkan uang! Simpan file gratis, kalau ada yang download, Anda akan dapat uang. Asyik 'kan? Tentang hal ini, akan dibahas secara terpisah di: Simpan File, Di-download, Dapat Uang
Silakan Anda baca aturannya sebelum simpan data Anda di sana. Kalau mau yang enak (tanpa batas waktu, kapasitasnya besar, dll.), Anda harus pilih yang bayar, bukan yang gratisan.

Nah... berikut ini beberapa tempat simpan file online yang gratis yang penulis tahu. Silakan klik saja kalau berminat. Nama situs disusun secara alfabetis.

  1. 4shared
  2. Badongo
  3. Box.Net
  4. Div Share
  5. Dropbox
  6. Evil Share
  7. File Ave
  8. File Front
  9. File Up Yours
  10. Google Docs (milik Google pakai account: gmail)
  11. Hot File
  12. Image Hosting
  13. Image Shack
  14. Indo Webster
  15. Kewl Share
  16. Media Fire
  17. Mega Upload
  18. Pict
  19. Photo Bucket (foto & video)
  20. Rapid Share
  21. Send Space
  22. Share Bee
  23. Skydrive Live (milik Microsoft: Hotmail, Messenger Xbox LIVE)
  24. Stream Load
  25. Tiny Pic
  26. Turbo Upload
  27. Verzend
  28. You Tube (untuk simpan & publikasikan video)
  29. Ziddu


Silakan pilih mana yang sesuai selera dan kebutuhan Anda. Ada yang murni untuk tempat simpan file, ada yang tempat simpan sekaligus sharing file, bahkan ada yang tempat simpan lalu memberikan income bila file kita di-download orang lain.

Kalau tanya lagi ke Mbah Google, pasti masih banyak situs sejenis (menyediakan tempat menyimpan file secara gratis). Tapi kali ini, cukup sekian saja. Kelak kalau ketemu lagi, mungkin akan ditambah lagi...

Semoga info ini bermanfaat...




 

Selengkapnya, silakan klik: Fasilitas dan Kreativitas di Dunia Maya

4 Responses
  1. Jefry Says:

    terima kasih atas infonya, saya kakan menggunakannya juga untuk menyimpan file secara online untuk menghebat badwidth hostingan saya
    sukses selalu

  2. Anonim Says:

    Masih ada satu lagi tempat simpan data online. Diberi 5GB storage gratis dengan unggah dan unduh kecepatan tinggi karena servernya di Indonesia. Situsnya Bahasa Indonesia dan murni tempat simpan data. Bisa di akses di www.gerobok.com. Cuba deh teman2. .

  3. Anonim Says:

    yang gratis dan seumur hidup ada gak?

  4. Hendry Filcozwei Jan Says:

    Jefry, Anonim dan Anonim

    Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Yang gratis seumur hidup? Agak susah juga, semua bisa berubah.

    Mungkin awalnya gratis, Nantinya bayar. kalau pun ada yang terus gratis, tentu fasilitasnya minim. Kalau ingin fasilitas yang lebih bagus, tentu harus bayar. Mereka tentu butuh uang untuk operasional (gaji karyawan, dan biaya lain-lain).


    Salam,

    Hendry F.Jan
    www.rekor.blogspot.com

Poskan Komentar

abcs