Orang Mapan Mengaku Orang Miskin

Segala cara dihalalkan agar apa yang diinginkan tercapai. Orang mapan pun (dan kaya) mengaku miskin dengan membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) agar anaknya diterima di sekolah yang diinginkan. Ironis-nya, hal ini dilakukan di bulan Ramadan (bulan puasa). Ataukah pembuatan SKTM ini adalah sebuah doa (agar kelak mereka menjadi tidak mampu)? Entahlah...

Selesainya SKTM tentu bukan kerja 1 orang (pemohon saja) tapi berbagai pihak yang terkait. Semoga semua yang terlibat diproses sesuai dengan hukum yang berlaku (ada efek jera).

Jika 1.000 orang buat SKTM padahal tidak termasuk orang miskin, bisa jadi ada 4.000 orang bahkan lebih, yang berlaku tidak jujur.

Dari mana angka 4 sebagai angka pengali (yang ajukan SKTM biasanya orangtua siswa, suami istri tentu tahu keadaan ekonomi mereka, artinya 2 orang, siswa juga tentu tahu ia termasuk orang tidak mampu atau bukan, artinya 1 orang dan anggap saja 1 orang pemberi surat pengantar pembuatan SKTM). Ini bukan hanya membohongi orang lain, tapi juga membohongi diri sendiri.

  1. Wali Kota Bandung Ancam Orang Kaya Pengguna SKTM dalam PPDB 
  2. Seribuan Siswa Baru Pemegang Surat Miskin Mundur
  3. Kasus Pemalsuan SKTM ‘Surat Miskin’ Bandung, Terbanyak Di SMP/SMA Saat PPDB
  4. Polisi akan Tindak Tegas Calon Siswa yang Menggunakan SKTM Palsu
  5. Sore Ini Batas Terakhir Pencabutan SKTM Palsu
  6. SKTM, Ketika Miskin Menjadi Kebanggaan 
  7. Ridwan Kamil: Polisi sedang Periksa Pembuat SKTM Bodong
  8. Ridwan Kamil: Siswa dengan SKTM Bodong Jangan Sekolah di Negeri
  9. Emil: Mafia Harus Dihentikan, Sanksi Pengguna SKTM Palsu Sekolah di Swasta
  10. Punya Rumah dan Mobil, Orang Bandung Ini Ngaku-aku Miskin


Kali ini, para pelanggar hukum (membuat SKTM padahal tidak termasuk warga miskin, baik yang mengajukan maupun yang terlibat dalam proses pembuatannya) bisa berlega hati karena diberi waktu untuk mengundurkan diri dan tidak ditindak sesuai hukum yang berlaku. 

Lain kali jika mengulang lagi? Bisa jadi diproses secara hukum atau setidaknya nama dan foto pelaku dipublikasikan.

SKTM = Surat Keterangan Tidak Mampu tapi bagi orang kaya yang juga mengurus SKTM, SKTM = Surat Keterangan Tidak Miskin (pengakuan terselubung bahwa mereka bukan orang miskin)?
0 Responses

Poskan Komentar

abcs