Pergi Berlibur, Apa Saja yang Perlu Kita Persiapkan?

Ketika liburan tiba (Juni-Juli dan Desember), kita disibukkan dengan tugas menyiapkan segala perlengkapan (keperluan berlibur). Ini pula yang rutin kami lakukan jika akan berlibur dan harus menginap beberapa hari... (biasanya di hotel).

Daripada tiap kali akan berlibur, kami disibukkan dengan tugas mempersiapkan apa saja yang harus dibawa dan kadang ada saja yang terlupa, lebih baik kami buat daftarnya saja. Jika ada yang terlupa, akan kami tambahkan. Tiap keluarga tentu berbeda, tapi setidaknya, apa yang kami persiapkan, sebagian dari daftar di bawah ini, juga yang harus Anda persiapkan.

Daftar ini disusun seingatnya saja, jadi mungkin tidak berurutan...

  1. Pakaian, ini tentu yang tidak boleh dilupakan. Pakaian luar (kaos, kemeja, celana,...) dan pakaian dalam (celana dalam, singlet, dan yang lainnya). Makin lama menginap, tentu makin banyak yang harus dibawa. Jika ada wisata air (berenang, main ke pantai), jumlah  pakaian yang dibawa tentu lebih banyak lagi. Berlibur ke tempat yang dingin? Pakaian yang lebih tebal serta jaket/ sweater tentu jangan sampai terlupa.
  2. Perlengkapan mandi. Handuk, sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi. Di hotel biasanya disediakan sikat gigi, pasta gigi, sabun, sampo, dan handuk, tapi kami biasa membawa sendiri dari rumah karena tidak cocok. tidak suka dengan yang disediakan oleh hotel (khususnya sikat gigi dan handuk). Bagi pria dewasa, mungkin ditambah alat cukur, dan wanita dewasa bawa pembalut jika memang dekat dengan jadwalnya.
  3. Obat-obatan. Yang biasa dbawa adalah obat-obat ringan (untuk sakit maag, masuk angin, minyak angin, minyak kayu putih, plester obat,...). Jika anggota keluarga ada yang harus tiap hari minum obat, jangan lupa bawa obatnya.
  4. Uang. Ini pasti. Selain uang tunai, tentu kartu ATM, kartu debit, atau kartu kredit juga perlu dibawa karena tidak mungkin membawa semua uang dalam bentuk tunai.
  5. Ponsel. Ini juga barang yang wajib dibawa ke mana pun pergi agar mudah dihubungi ataupun menghubungi. Bawa ponsel, tentu juga dengan kabel charger-nya, dan mungkin juga power bank. Tongsis juga mungkin jadi bawaan yang tak boleh dilupakan (tapi bagi kami, tongsis tidak termasuk karena kami tidak punya karena memang merasa tidak butuh).
  6. Koper. Koper sesuai dengan keperluan. Untuk keamanan, bisa bawa juga gembok kecil sebagai pengaman tambahan. Jika menggunakan pesawat terbang, jangan lupa beri tanda koper Anda. Bisa berupa pita yang diikatkann pada pegangan koper (gunakan pita dengan warna mencolok agar Anda mudah mengenalinya).
  7. Camilan & air minum. Kalau bawa anak-anak, ini termasuk yang wajib dibawa. Susu plus perlengkapan (botol susu dan termos air panas) jika anak minum susu formula.
  8. Kamera. Biasanya kami membawa kamera, charger baterai kamera plus memory card. bagi penulis, kamera di ponsel rasanya kurang bagus untuk foto saat berlibur. Bahkan kadang bawa laptop. Begitu sampai hotel (setelah main), kamera dikosongkan lagi (pindahkan semua foto ke laptop), dan kamera siap mereka semua momen liburan lagi. Bagi Anda yang terbiasa mengabadikan momen liburan dengan ponsel, sekarang tidak perlu takut memory kamera penuh (Anda bisa pindahkan/ simpan di medsos atau tempat penyimpanan file online seperti Google Drive, dan sejenisnya). Mudah-mudahan jaringan/ sinyal operator ponsel yang Anda gunakan bagus di tempat wisata  yang Anda kunjungi sehingga Anda tidak mengalami kesulitan menyimpan file foto Anda agar memori ponsel tidak penuh.
  9. Cek yang ditinggal. Periksa peralatan listrik (rice cooker/ magic com, AC, dan peralatan listrik lainnya, apakah kabelnya masih tertancap di stop kontak)? Kulkas tentu tidak termasuk karena memang tetap harus nyala agar makanan tidak rusak. Sebaiknya cabut selang dari tabung gas. Biarkan 1 lampu di dalam rumah (ruang tamu) tetap menyala sehingga saat malam, rumah Anda tidak gelap gulita. Cek pintu, jendela, dan terakhir gembok pagar rumah.
  10. Titip tetangga. Titip pesan kepada tetangga agar sesekali cek keadaan rumah Anda (jika memang memungkinkan). Berikan nomor ponsel Anda yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu. Jangan lupa beli oleh-oleh untuk tetangga Anda.


Sangat mungkin masih banyak hal yang terlewat (catatan ini dibuat bukan setelah pulang dari perjalanan berlibur atau saat akan berlibur), hanya kebetulan senggang. Jadi sambil mengingat-ingat apa yang selama ini dilakukan saat hendak berlibur. Jika ada kekurangan, akan ditambahkan lagi.

Semoga info ini bermanfaat bagi Anda.
0 Responses

Poskan Komentar

abcs