Kisah Nyata untuk Renungan Para Perokok

Viral Cerita 'Abang None', Paru-parunya Kolaps karena Rokok

Kisah Daus viral di media sosial (Foto: Tangkapan layar Facebook)

Jakarta - Seam Firdaus (31) yang akrab disapa Daus viral di media sosial setelah mengunggah foto dirinya dirawat dengan kondisi dada dilubangi, terpasang selang. Menurut pengakuannya hal ini karena kebiasaan merokok membuat paru-parunya kolaps.

Kepada detikcom pria yang pernah mengikuti kompetisi Abang None antar mal ini bercerita mulai biasa merokok sejak tahun 2006. Ia tidak pernah mengalami masalah kesehatan sampai tiba-tiba saja pada 31 Agustus 2019 lalu dadanya terasa sesak.

"Pas saya mau in charge di tempat kerja tiba-tiba napas berasa sesak dan dada berasa ditusuk. Kalau jalan saya sakit banget dadanya," kata Daus saat dihubungi Rabu (11/12/2019).

Daus sempat dibawa ke klinik namun kemudian dirujuk ke rumah sakit untuk diperiksa dengan rontgen. Hasilnya dokter menyebut Daus mengalami kolaps paru-paru atau pneumotoraks sehingga harus dipasang selang untuk memperbaikinya.

Pneumotoraks adalah kondisi saat udara masuk ke ruangan di sekitar paru-paru (ruang pleura). Udara bisa masuk sendiri ke dalam ruang pleura saat ada luka terbuka, robekan, atau pecahan di jaringan paru-paru sehingga mengganggu tekanan udara yang membuat paru-paru mengembang.

"Dokter vonis pneumothorax saya ini 90 persen karena merokok," ungkap Daus.

Saat ini Daus masih dalam masa pemulihan dan sudah berhenti merokok. Ia sengaja membagikan kisahnya di FaceBook karena ingin lebih banyak orang benar-benar paham bahaya rokok.

Daus memaklumi bila ada netizen yang tidak percaya dengan kisahnya karena ia sendiri dulu juga seperti itu.

"Wajar si mereka, perokok, pada nggak percaya. Dulu pun saya sempat nggak percaya atau mengabaikan artikel-artikel atau berita-berita tentang bahaya merokok. Tapi setelah saya mengalaminya sendiri ternyata ini loh bahayanya," pungkasnya.

Dihubungi terpisah, spesialis paru dr. Rezki Tantular, SpP, membenarkan bahwa memang kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko pneumotoraks.

"Rokok sendiri secara jangka pendek dapat meningkatkan risiko pecahnya bleb yang ada di dalam paru, dan jangka lama dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis yang berisiko juga mengalami pneumothorax," kata dr. Rezki.



Sumber: Detik


Baca juga: 
  1. Dulu Tak Percaya Bahaya Rokok, Daus Akhirnya Harus Rasakan Dada Dilubangi
  2. Pengakuan 'Abang None' yang Viral Paru-parunya Kolaps karena Rokok
  3. Mau lihat paru-paru kotor akibat merokok? Klik ini: Video, lalu lihat video di bagian bawah berita tersebut.

Catatan
Pada posting dengan label "Sebatang Rokok", penulis akan menceritakan banyaknya efek negatif rokok bagi kesehatan dan lingkungan. Penulis yakin, banyak orang yang tidak sepakat dan akan memberikan aneka bantahan. Itu sah-sah saja, semua orang bebas berpendapat.

Silakan saja merokok, asalkan jangan bagi racun (baca: asap-nya) kepada orang di sekitar Anda. Anda bebas merokok (Anda yang beli dan risiko Anda yang tanggung sendiri), ya itu tadi, asal jangan bagi racun ke lingkungan di sekitar Anda.
0 Responses

Posting Komentar

abcs