Untuk Apa Tukaran Links???

Di banyak blog tertulis ajakan: Tukaran Links. Pasti ada yang berpikir, untuk apa? Apa untungnya tukaran links?
Penulis bukanlah pakar blog, hanya blogger pemula. Jadi tidak bisa menjelaskan secara teknis dan ilmiah apa saja keuntungan tukaran links. Penulis hanya coba memberi gambaran sederhana dari dunia nyata tentang tukaran links ini.
Blog kita ibarat sebuah rumah. Kita tentu senang kalau blog (rumah) kita mendapat kunjungan dari teman (termasuk yang belum kita kenal). Kita buat blog ‘kan memang buat dibaca orang? Kalau tidak ingin dibaca orang, tentu kita tulis saja di diary lalu simpan di lemari (bukan di media online seperti blog). Makin banyak tamu yang berkunjung, kita makin suka. Mengapa? Ya makin populer dong. Kita juga bisa mendapat: komentar, saran, dan kritik. Juga pujian dan ucapan terima kasih kalau tulisan kita menarik dan bermanfaat.
Apa usaha yang kita lakukan agar blog kita ramai dikunjungi? Biasanya kita beritahu teman via SMS, email, atau waktu chatting.
Tukaran links kurang lebih seperti itu, untuk mengenalkan alamat blog kita. Kita berikan sedikit ruang di sisi kiri atau kanan blog kita. Kita pasang links (alamat blog orang lain), lalu orang itu juga memasang alamat blog kita di blog-nya. Saling mempromosikan, saling menguntungkan. Simbiosis mutualisme. Adil ‘kan?
Tukaran links itu ibarat iklan. Kita iklankan alamat links orang lain di blog kita, orang tersebut iklankan alamat blog kita di blog-nya. Barter, tanpa harus bayar.
Anda tertarik? Kalau ya, silakan copy tulisan (script) di sisi kanan blog ini (di bawah tulisan "Tukaran Links"). Atau lebih mudah, tinggal klik tulisan “Highlight All” lalu Control C, taruh di side bar blog Anda. Kalau sudah, silakan kirim email ke penulis: hfj1105@yahoo.com. Nanti penulis juga akan pasang links ke blog Anda di blog ini.
Tunggu apa lagi? Ayo copy links di sisi kanan ini lalu pasang di blog Anda. Setelah terima email Anda, penulis akan pasang links blog Anda di "Links Sahabat."

0 Responses

Poskan Komentar

abcs