Percayakah Anda Ini Huruf Mandarin Paling Susah di Dunia???

Kalau ada yang tanya, bahasa apa yang paling sulit dipelajari? Jawaban penulis adalah bahasa Mandarin/ Tionghua!

Jangan berpikir penulis ahli bahasa (menguasai banyak bahasa atau setidaknya pernah belajar banyak bahasa). Penulis hanya menguasai bahasa Indonesia.

Dulu waktu kecil pernah diajari bahasa Tionghua (belajar menulis huruf Tionghua). Rasanya susah sekali. Satu kata satu huruf, jadi ada ribuan huruf yang harus dipelajari. Kalau bahasa Indonesia (bahasa Inggris atau bahasa lain yang menggunakan abjad a-z) hanya 26 huruf, ada kata baru tinggal merangkainya dari ke-26 huruf tadi.

Belum lagi cara penulisannya. Dalam huruf Tionghua ada aturan yang harus dipatuhi, harus mulai dari mana dulu (atas ke bawah dan dari kiri ke kanan). Kalau salah, tulisannya jadi "kurang sedap" dipandang. Terlebih menulisnya pakai kuas, pasti ketahuan kalau salah menuliskannya. Belum lagi soal pengucapan. Banyak sekali homofon (satu suara tapi beda tulisan). Kalau dalam bahasa Indonesia seperti kata sangsi (ragu-ragu) dan sanksi (hukuman). Jadi tulisannya beda, bunyinya mirip (kalau tak salah ingat, ada 5 nada dalam bahasa Tionghua).

Penulis pernah diminta menyebutkan kalimat: Mama marah (pada) kuda. Ketiga kata tadi (mama, marah, kuda) sama-sama berbunyi "ma" tapi berbeda nada. Bingung 'kan?


媽媽 罵 馬
mā​ma​ mà​ mǎ​


Dalam huruf Tionghua, ada huruf yang hanya 1 goresan saja (misal kata: yī​ = satu), 2 goresan (rén​ = orang), 3 goresan (xiǎo​ = kecil), dan seterusnya.

一 baca: yī​ artinya satu (1)

人 baca: rén​ artinya orang

小 baca: xiǎo​ artinya kecil

Berapa goresan yang terbanyak? Penulis berpikir belasan goresan. Itu pun sudah sulit sekali menghafalnya. Tahukah Anda berapa goresan terbanyak untuk sebuah huruf Tionghua? Tulisan ini terinspirasi setelah ngobrol-ngobrol dengan Sisil Laoshi (guru bahasa Mandarin tempat putra penulis bersekolah). Penulis bongkar arsip-arsip lama. Akhirnya penulis menemukan jawabannya di milis everydaymandarin. Ternyata ada 57 goresan! Biar tidak salah menuliskan tentang ini, penulis copy saja tulisan tentang ini dari milis everydaymandarin.


Gambar pertama adalah salah satu huruf Mandarin (Hanzi) yang tersusah yang pernah ada di muka bumi. Susah di sini maksudnya goresan 1 hurufnya sangat rumit dan banyak (ada 57 goresan). Lihat saja sudah 'merinding' deh! :p

Huruf ini berbunyi "Biang", nada ke-2. Biang adalah nama mie yang populer di kota Xianyang, propinsi Shaanxi (China). Saya juga lampirkan foto toko (foto ke-2) dan mie Biang-Biang (Mandarin: Biang-Biang Mian) pada foto ke-3. Toko mie Biang-Biang juga ada di Beijing. Tapi, di Beijing, nama mereka berubah jadi mie Bang-Bang (Bang: Hebat). Karena banyak warga Beijing yang tidak bisa membaca huruf Biang.:p

Huruf Biang diakui sebagai salah satu huruf Mandarin yang paling ribet yang ada di jagat raya. Huruf Biang ini sudah pasti tidak ada di dalam komputer manapun di dunia. Bahkan di Kangxi Dictionary juga tidak ditemukan huruf ini.








0 Responses

Poskan Komentar

abcs