Apa Sih... Asyiknya Menulis di Blog?

Menulis memang hobby yang mengasyikkan. Kegiatan ini berawal dari hobby korespondensi dengan banyak sahabat pena di masa sekolah (SD-SMA). Sahabat pena penulis ada di berbagai kota di Indonesia (dari Sabang, Medan, Padang, Muara Bungo, Kuala Tungkal, Jakarta, Bandung, Semarang, Denpasar, sampai Ujung Pandang) dan beberapa di luar negeri (dari Singapore, Kairo, sampai Eisenach - Jerman Timur).

Hobby ini berlanjut dengan mengirim tulisan ke media massa. Ketika tulisan dimuat, di situlah penulis mulai kecanduan menulis.

Kecanduan karena honor tulisan? Bukan! Bangga karena hasil karya penulis dianggap layak muat di media tersebut. Juga nama penulis lebih dikenal (di lingkungan terdekat, teman, guru/ dosen).

Seiring dengan perkembangan jaman, hadirlah blog yang merupakan wadah yang sangat pas untuk menuangkan ide. Sekarang, sebagian besar ide penulis tertuang ke blog. Sesekali masih menulis untuk media cetak intern, tapi lebih penulis lebih suka menulis di blog.

Mungkin banyak yang bertanya, apa sih asyiknya menulis di blog? Ehm... apa saja ya? Banyak. Banyak sekali keasyikannya.

Jangkauan Luas
Blog yang berbasis internet sangat luas jangkauannya. Kalau media cetak, jumlah pembacanya sangat terbatas (sebanyak media itu dicetak). Blog? Jumlah pembacanya bisa sangat banyak (sebanyak orang yang bisa mengakses internet).

Tidak terkendala oleh batasan tempat. Orang di kota yang sama, atau di benua lain pun bukan halangan jadi pembaca tulisan kita.

Bagaimana dengan bahasa? Juga tidak ada kendala bahasa. Dengan adanya fasilitas Google Translate, tulisan kita yang berbahasa Indonesia tetap bisa dinikmati orang lain sesuai bahasa yang dikuasainya. Tinggal klik, dalam hitungan detik semua artikel kita berubah bahasanya.


Mudah Di-Update
Tulisan yang salah ketik atau kurang lengkap, akan seperti itu selamanya di media cetak/ buku. Kecuali dicetak ulang setelah direvisi. Di blog? Dengan mudah kita ubah, kita tambah, atau bahkan kita hapus bila dirasa perlu.

Tulisan di blog jadi lebih uptodate sampai kapan pun karena bisa kita tambah dan kurangi.

Kemudahan Lain
Dalam blog, kita mudah menambahkan links untuk referensi (pembaca tinggal klik untuk melihatnya). Dengan tambahan links, tulisan yang kita buat pun jadi lebih bisa dipercaya. Pembaca bisa melihat langsung ke sumber yang kita kutip atau melihat data penunjang dari links yang kita berikan.

Dengan aneka fasilitas yang disediakan blog secara gratis, banyak lagi nilai lebih menulis di blog. Ada tempat pembaca berkomentar. Ini memudahkan kita berinteraksi dengan pembaca. Kita bisa mendapat komentar, saran, maupun kritik dari pembaca sekaligus kita bisa memberikan tanggapan balik.

Bagi penulis pemula atau yang sekedar iseng pun lebih asyik menulis di blog. Tidak perlu menunggu sekian lama tulisan kita di redaksi dan belum tentu dimuat. Di blog? Blog kita, ya sesuka kita. Begitu ada ide, langsung tulis dan terbitkan. Asyik 'kan?

Membaca sekian banyak keasyikan menulis di blog, tidakkah Anda tertarik? Ayo... jangan hanya jadi pembaca. Anda pun bisa mulai menulis di blog. Mumpung sekarang Anda sudah online, tunggu apa lagi?
1 Response
  1. Zain Says:

    Artikel yang bagus. Menambah semangat saya untuk terus menulis di blog. makasi gan.

Poskan Komentar

abcs