Sosok Inspiratif: Inaki Azkuna, Walikota Terbaik di Dunia



Nama Inaki Azkuna sontak menjadi sorotan sejagat hari ini setelah situs worldmayor.com mengumumkan, Selasa (8/1), dia berada di peringkat pertama wali kota terbaik sejagat. Dia menyisihkan 25 finalis lain, termasuk Joko Widodo asal Indonesia.

Sejak terpilih pada 1999 Azkuna mengawal perubahan di Kota Bilbao, Spanyol, dari pusat industri berkembang menjadi pariwisata dan seni. Museum Guggenheim salah satu prestasi terbesar lelaki 70 tahun ini hingga tempat itu banyak dikunjungi pelancong berbagai negara dan mendatangkan pemasukan untuk warganya.

Azkuna bertaruh untuk menghabiskan dana pemerintah hampir Rp 2,2 triliun demi merenovasi museum hampir tewas itu dan yakin suatu hari nanti tempat itu bakal menjadi pusat budaya dunia. Mimpinya berhasil. Kekayaan tradisi dan sejarah Spanyol seluruhnya lengkap berada di museum itu dan menjadi rujukan ahli sejarah yang hendak napak tilas di Negeri Matador.

Tak hanya itu, Bilbao juga kota bebas hutang pada negara dalam pembangunannya. Keberhasilan Azkuna mengajak warganya untuk mengembangkan pariwisata membuat penduduk Bilbao sukses membayar lunas pinjaman mereka pada pemerintah Spanyol dua tahun lalu. Alhasil kota itu hanya kena utang baru untuk proyek mendatang.

Korupsi hampir berada di titik nol. Panitia administrasi wali kota sangat transparan dan terbuka dalam menyusun anggaran pembangunan daerah. Bilbao juga menjadi tempat paling bebas polusi di muka bumi lantaran semua industri dan pabrik nyaris menghilang.

Azkuna mengawal kotanya pertama kali tidak dengan mulus. Banjir besar pernah menghantam sebagian besar wilayah Bilbao pada awal dia terpilih dan banyak menghancurkan sektor-sektor penting. Tempat itu nyaris terkena krisis ekonomi. Namun semua dihadapinya dengan kerja keras membangun Bilbao hingga menjadi salah satu corong dan contoh kota terbaik di Eropa.


Copy paste dari berita di Merdeka
0 Responses

Poskan Komentar

abcs