Mari Buang Sampah ke Sungai

Ehm... jangan protes dulu saat membaca judul tulisan ini. Baca sampai selesai, baru Anda berkomentar.

Jakarta, Manado, dan beberapa kota di Indonesia tergenang air, banjir. Salah satu penyebab banjir adalah sampah. Masyarakat yang buang sampah sembarangan menyumbat saluran air, menyebabkan pendangkalan sungai, dan mengakibatkan kemampuan sungai menampung debit air jadi berkurang. Akibatnya, hujan deras, sungai meluap, jalan dan rumah tergenang air, banjir.

Sejak Jokowi-Ahok memimpin Jakarta, sudah banyak cara dilakukan untuk mencegah banjir. Pembersihan sungai sampai ke pintu air (lumpur dan sampah yang isinya segala macam benda), normalisasi waduk, dan lain-lain. Tapi di Januari 2014 ini, tetap saja banjir... 

Kerugian yang diakibatkan oleh banjir tentu tidak sedikit (miliaran rupiah). Sampah memang hanya salah satu penyebab banjir. Sebagai blogger, apa yang bisa kita lakukan?

Salah satunya menulis, mengajak semua untuk menjaga lingkungan, ya salah satunya lewat membuang sampah pada tempatnya. Kita tentu sudah sangat sering melihat orang membuang sampah di jalan (melempar kemasan kosong air mineral dari mobil ke jalan), membuang sampah ke saluran air dan sungai. Peraturan tentang larangan membuang sampah sembarangan tentu sudah ada, sanksi-nya pun ada. Hanya saja, jarang kita dengar ada orang yang dihukum atau didenda karena membuang sampah sembarangan.

Kalau pun ada yang ditilang gara-gara sampah, mungkin yang ditilang lebih ngotot dan marah daripada petugas yang menilang.  

Bagaimana kalau kita (para blogger) memberikan sanksi sosial? Di Twitter, penulis pernah melihat partisipasi para pengguna media sosial memberi efek malu. Foto orang/ kendaraan yang membuang sampah sembarangan lalu ditampilkan di Twitter.

Blogger juga dapat melakukan hal sama. Foto atau videokan orang-orang yang membuang sampah sembarangan lalu pajang fotonya di blog atau unggah videonya ke YouTube. Semoga kita masih punya rasa malu dan semakin sadar menjaga lingkungan.

Mari buang sampah ke sungai jika Anda ingin foto Anda dipajang di blog atau video kegiatan Anda membuang sampah sembarangan tersebut muncul di YouTube.

0 Responses

Poskan Komentar

abcs