Masalah Penomoran di Template Grunge London

Penulis termasuk orang yang suka mengganti template blog (meski tidak terlalu sering). Kalau sudah cukup lama memakai sebuah template dan merasa bosan (mungkin juga pengunjung blog bosan), penulis putuskan mengganti template. Penulis biasa mengambil template dari btemplates.

Beberapa waktu lalu penulis menemukan template 2 kolom yang menarik, yakni Grunge London. Penulis putuskan mengganti template blog penulis dengan template ini. Setelah terlanjur ganti dan menata ulang gadget, penulis baru menyadari ada sedikit permasalahan dengan template ini.

Kalau kita menuliskan sesuatu (misalnya ada 15 item) secara berurutan ke bawah. Pada saat posting, penomoran otomatis ini tidak ada masalah. Nomor yang tampil 1 sampai 15. Tapi setelah di-publish, baru kelihatan. Nomor yang muncul 1 sampai 9, pada urutan nomor 10 angka yang muncul hanya 0 (nol), angka 11 hanya muncul angka 1, 12 hanya muncul angka 2, dan seterusnya. Jadi nomor 2 digit atau lebih, hanya muncul digit akhirnya saja.

Penulis coba googling, tidak menemukan jawaban. Coba masuk ke berbagai blog tutorial, tidak juga dapat solusi. Lalu penulis coba tanya via Yahoo! Answers (Mengapa Nomor Hanya 1 Digit?). Dari sinilah akhirnya penulis mendapat solusi dari Kakangsung.

Sebelumnya pernah terpikir, kalau tak juga menemukan solusi, penulis akan ganti template lagi. Sudah coba cari template lain, tapi belum ketemu yang cocok.

Buat Anda yang mempunyai permasalahan sama, ini solusinya. Yang harus Anda lakukan adalah edit template-nya.

Silakan cari kode:

li { margin-left:20px; }

lalu ganti dengan

li { margin-left:40px; }

Simpan template, selesai. Jangan lupa, setiap kali akan edit template, simpanlah template lama Anda (back up). Jika ada kesalahan, Anda bisa mengembalikan ke template lama Anda.

Selain template, secara berkala penulis juga back up semua tulisan yang ada di blog untuk antisipasi kalau terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Selamat mencoba...
2 Responses
  1. Alfan Alfyan Alrifa'i Albantani Says:

    Maaf Gan, yang saya juga punya masalah dengan penomoran postingan. setiap kali di publikasikan, penomoran nya tidak bisa. Padahal saat entry sudah pakai nomor dengan pengaturan dari blogger nya....... minta solusi nya Gan,,,,
    by
    Alfan Note.DX

  2. Hendry Filcozwei Jan Says:

    Alfan Alfyan, saya kurang jelas dengan maksud pertanyaan Agan.

    Mungkin sama dengan problem yang saya tulis. Coba masuk ke edit template dan ganti margin kirinya. Kalau tetap tak bisa, mungkin coba ganti dengan template lain?

    Sebelum ganti template, sebaiknya di-back up dulu. Kalau kurang suka, bisa balik ke template sebelumnya.

    OK? Semoga membantu...


    Salam,

    Hendry F.Jan
    www.rekor.blogspot.com

Poskan Komentar

abcs