TIDAK itu artinya sama dengan UNREG?

Penulis adalah pelanggan setia operator Indosat (pakai Mentari). Sejak pertama kali punya ponsel (HP) di akhir tahun 90-an hingga hari ini (sudah belasan tahun), penulis tidak ganti nomor. Nomor perdana yang dibeli dengan harga 150 ribuan (termasuk pulsa Rp 10.000), masih dipakai hingga kini. Sekarang sudah jauh berbeda, kartu perdana banyak yang diberikan cuma-cuma alias gratis.

Pulsa penulis, 90% lebih hanya digunakan untuk ber-SMS. Jarang sekali dipakai untuk menelpon. Jadi penulis tidak pernah tertarik dengan segala tawaran pemasangan nada sambung atau Ring Back Tone (RBT) dan sejenisnya. Iklan via SMS yang masuk ke HP, hampir pasti langsung dihapus. Penulis juga tidak pernah peduli dengan segala iklan game, cerita lucu, video lucu, tips motivasi, ramalan bintang, dan sebagainya yang muncul di TV maupun media cetak.

Jadi penulis tidak mau tahu cara berlangganan atau cara berhenti berlangganan.


Sampai suatu hari penulis menerima SMS dari operator (?) dengan nomor 808. Isinya sebagai berikut:

Terima kasih atas pengisian pulsa Anda. Sebagai tanda penghargaan, kami memberikan Paket Musik: iRing GRATIS selama 30 hari, dan seterusnya. Lagu yang Anda dapatkan adalah... Jika tidak ingin mengaktifkan ketik TIDAK, SMS ke 808. CS: 021 7941178

Penulis cek dengan menelpon ke nomor sendiri, ternyata sebelum diangkat sudah ada lagu (jadi nada tunggu tidak lagi berbunyi tut... tut...tut...). Karena tidak ingin menggunakan iRing, penulis langsung ketik TIDAK dan kirim ke 808, sesuai petunjuk di SMS yang penulis terima. Dicek lagi, tetap saja masih ada iRing. Diulangi lagi, ketik: TIDAK kirim ke 808, hasilnya sama saja.

Ya, sudahlah. Biarkan saja dulu ('kan GRATIS 1 bulan?). Nanti kalau sempat, coba telpon ke operator dan menanyakan bagaimana cara menghilangkan iRing tersebut.

Eh... ternyata lupa. Satu bulan kemudian, tiba-tiba dapat SMS dari 808 lagi:

Layanan iRing Anda telah diperpanjang sampai tanggal sekian. I-Ring akan diperpanjang otomatis setelah 30 hari, biaya... Stop ketik UNREG ke 808. Dan seterusnya....

Oh... ternyata kalau mau batalkan (berhenti langganan), harus ketik UNREG kirim ke 808. Padahal di SMS awal (dapat iRing GRATIS) harus ketik TIDAK kirim ke 808.

Penulis coba ketik UNREG lalu kirim ke 808. Langsung dapat balasan dari 808: Layanan iRing Anda dinon-aktifkan. Untuk berlangganan kembali ketik REG kirim ke 808. Dan seterusnya...

Penulis jadi bingung dengan SMS seperti itu. Perintah yang diberikan di awal tidak bisa berfungsi sehingga pelanggan seperti saya terpaksa berlangganan iRing 1 bulan (otomatis potong pulsa).

Jadi bila Anda menerima perintah sejenis, kalau ketik TIDAK tapi tidak juga berhenti berlangganan, Anda harus kreatif mengganti kalimatnya menjadi UNREG. Karena TIDAK itu artinya sama dengan UNREG (?).

Atau kalau masih tetap tidak juga stop berlangganan, mungkin Anda bisa coba ketik BUKAN, atau BATAL atau NO atau yang lain. Sekedar saran saja.
0 Responses

Poskan Komentar

abcs