Masih Pantaskah Disebut Manusia yang Berhati Nurani...???

Miris membaca berita di Yahoo News "Bocah Balita Terlindas Mobil, Orang Tak Peduli" dan lebih miris lagi ketika melihat tayangan video-nya. Sejak menyaksikan tayangannya, seharian perasaan penulis tidak karuan.

Yue Yue, anak perempuan kecil berusia 2 tahun yang terlepas dari pengawasan orangtuanya berjalan menyeberangi jalan raya persis di depan toko milik orangtuanya di Kota Foshan, Cina Selatan. Ia tertabrak mobil van dan terlindas. Setelah terlindas ban depan, sopir tak berperikemanusiaan itu bukannya turun dan menolong tapi malah melindasnya sekali lagi dengan ban belakang. Kemudian Yue Yue dilindas truk lagi. Gilanya lagi, orang yang lalu lalang diam saja.

Ada binatang (misalkan kucing tertabrak pun), seharusnya ada yang menolong. Setidaknya memindahkannya ke tepi jalan, bukan dibiarkan saja atau malah melindasnya lagi. Dari komentar pembaca berita di internet, ada yang berargumen orang takut menolong karena takut malah jadi tertuduh (penabraknya). Ya, kalau yang berkendara, yang berjalan kaki? Cukup teriak saja agar orang di sekitarnya tahu ada anak kecil tertabrak dan sekarat.

Dari sekian orang yang lalu lalang (seakan tak ada kejadian apa-apa padahal bocah malang itu terbaring berdarah-darah meregang nyawa), hanya Chen Xianmei, seorang nenek yang berprofesi sebagai pemulung yang peduli.

Kini Yue Yue terbaring di rumah sakit. Menurut berita, dokter mengatakan Yue Yue dalam keadaan koma dan tak mungkin bertahan hidup. Bahkan ada yang memberitakan Yue Yue sudah meninggal. Tapi berita (update 17 Okt 2011, 8:41 AM) di Shanghailist menyatakan Yue Yue masih hidup. Bertahanlah Yue Yue, semoga nyawamu bisa diselamatkan.

Tautan

Update berita di Shanghailist yang menyatakan
Yue Yue masih hidup.
(Silakan klik gambar di atas ini untuk memperbesar gambarnya.)

Pelajaran dari kejadian ini:
  1. Orangtua jangan lengah menjaga anaknya, apalagi anak balita.
  2. Seorang pemulung (yang sering dipandang sebelah mata) lebih mulia hatinya daripada orang-orang di sekelilingnya yang berlalu lalang tanpa berbuat apa pun.
  3. Harusnya kita lebih peduli kepada sesama.


Yue Yue dalam perawatan tim medis. (sumber: Shanghailist)

Ini links ke video YouTube-nya (silakan klik):
Masih Pantaskah Disebut Manusia yang Berhati Nurani...???
atau lihat video di bawah ini:


Update:
Setelah seminggu koma (sejak Kamis, 13 Oktober 2011) akhirnya Jumat, 21 Okt 2011 Wang Yue (Yue Yue) meninggal dunia. Silakan baca di: Seminggu Koma, Balita Cina Yue Yue Meninggal dan Yue Yue Meninggal, China Tuntaskan Penyelidikan.

Selamat jalan Yue Yue...




Yue Yue semasa hidup (sumber: Thedailywh)


Yue Yue (semasa hidup) bersama Mama (sumber: Gugling)


Yue Yue bersama Papa dan Kakak Laki-Lakinya (sumber: Sesawi)

TautanChen Xianmei, Sang Penolong (sumber: Leonhart90)


Bacaan Referensi:
  1. Blog Rekor
  2. Gugling
  3. Kaskus

2 Responses
  1. sriesandy Says:

    sudah tdk pantas disebut manusia yang berhati nurani dan pelakunya pantas mendapat hukuman yang setimpal dengan perbuatannya karena balita itu meninggal dunia karena luka yang parah.
    manusia yang tidak mempunyai hati nurani dan tdk ada kepedulian lihat seorang balita terlindas mobil.miris membacanya.

  2. Hendry Filcozwei Jan Says:

    Sri, trims sudah mampir dan berkomentar. Miris banget membaca berita dan melihat tayangan videonya. Semoga kejadian serupa tidak terjadi lagi di belahan dunia mana pun. Selamat jalan Yue Yue...


    Hendry F.Jan
    www.rekor.blogspot.com

Poskan Komentar

abcs