BroJol 003: Cuhat Sang Driver tentang Kesetiaan

Sumber foto ilustrasi: Makam

Sepanjang perjalanan menggunakan ojol mobil bersama istri dan kedua anak kami adalah perjalanan menyenangkan. Kesempatan baik bagi penulis untuk "mewawancarai" pengemudi dari mulai berangkat hingga sampai tujuan. Obrolan bisa tentang apa saja, tapi yang lebih sering tentu dunia ojol.

Suatu kali pengemudi curhat tentang keluarganya (saat itu penulis tanya tentang keluarganya). Dia cerita bahwa baru setahun ini ia ditinggal istri (meninggal). Ia sangat sayang pada istrinya.

Saat menyetir, ia menunjukkan bahwa ia masih memakai sandal yang biasa dipakai istrinya, dan pas ulang tahun istri, ia nyekar dan membawa kue ulang tahun ke makam istri.

Ada jutaan karakter manusia, dari ngobrol dengan sekian driver ojol saja, penulis menemukan banyak sekali karakter manusia (dari yang baik hingga buruk). Semua akan diceritakan satu persatu (seingat penulis saja) karena posting ini dibuat bukan sehari setelah naik ojol. Harap maklum saja jika ada yang terlupa/terlewat, memori penulis tidak begitu baik untuk mengingat banyak hal.

Menuliskan semua hasil wawancara adalah salah satu cara untuk terus mengingat hasil wawancara-wawancara tersebut.

Pelajaran: Kesetiaan tidak hanya lewat kata-kata dan saat orang yang kita cintai masih ada.

0 Responses

Posting Komentar

abcs