TERUNGKAPNYA FAKTA Kuis Kebangsaan RCTI

Jika Anda menyaksikan sinetron dan merasakan banyak hal yang janggal, itu lumrah. Pertama memang itu hanyalah fiksi atau rekaan. Kedua memang alur ceritanya "dibuat mudah" dan yang memproduksinya tidak ingin terlalu sibuk mengurusi detailnya.

Jadi jangan heran jika sehari-hari aktornya tetap memakai jas lengkap atau aktrisnya memakai make up tebal meski hanya di rumah saja (tidak ke kantor atau ke luar rumah). Atau penampilan anak sekolah yang tidak sesuai keadaan sebenarnya (bagian bawah kemeja tidak dimasukkan ke dalam celana, rambutnya gondrong,...) tapi tidak dapat teguran dari guru. 

Jika menyeberang jalan dan ada mobil yang akan menabrak, artis itu tidak akan lari tapi hanya berteriak saja sampai ditabrak. Atau jika dikejar mobil, artis yang dikejar tetap akan berlari di jalan raya yang dengan mudah diikuti oleh motor atau mobil tersebut, atau selisih usia pemeran orangtua dan anak yang sangat sedikit (usia berapa sang ibu melahirkan)? Anda tidak perlu protes karena di akhir tayangan ada tulisan: "Cerita ini hanya fiktif belaka...."

Nah jika hal inii terjadi pada kuis yang disiarkan langsung??? 

Sebelum pertanyaan dipilih (apalagi dibacakan), penelepon bisa menjawab dengan tepat! Luar biasa Pak Syaifudin dari Trenggalek, Jawa Timur!

Jelas penonton di rumah kaget. Fakta yang terungkap lewat video: kuis interaktif ini siaran langsung, penonton (termasuk penelepon) tentu tidak tahu apa soal yang akan ditanyakan, apalaagi jawabannya. Tapi sebelum soal dibacakan, penelepon menjawab: Istana Maimun. 

Ternyata dari tayangan video penonton tahu, jawaban itu benar. Kok bisa? Maka bermacam prasangka bermunculan (ramai dibicarakan di media sosial seperti Twitter sampai di Kaskus). 

Bagaimana pihak penyelenggara menjelaskan  kejadian ini? Silakan simak di artikel berjudul: Heboh Episode "Istana Maimun", Ini Klarifikasi Kuis Kebangsaan RCTI (silakan klik tautan-nya di bagian paling bawah dari tulisan ini).

* * * * * * * * * * *

Hmmm... terlalu banyak "hal aneh" dipertontonkan setiap hari di negeri ini. Penulis jadi teringat lagu yang dipopulerkan Ahmad Albar karya Ian Antono dan sastrawan Taufik Ismail berjudul "Panggung Saniwara." 

"Dunia ini panggung sandiwara, ceritanya mudah berubah, kisah Mahabrata atau tragedi dari Yunani, setiap kita dapat satu peranan, yang harus kita mainkan, ada peran wajar, ada peran berpura-pura, mengapa kita bersandiwara, mengapa kita bersandiwara,..." 


Mau nonton video-nya? Banyak video yang di-unggah ke YouTube sudah di-blocked RCTI sehingga tampilannya jadi seperti ini:

Tapi banyak kok yang unggah video ini. Silakan klik tautan berikut (mudah-mudahan saja ada yang belum di-blocked). Ini tautannya (klik saja): Lihat Video

Cari saja yang tampilan gambarnya seperti di bawah ini:

atau
 atau
 
Khusus yang ini, tampilannya hanya gambar diam (bukan video bergerak) tapi ada rekaman percakapan presenter dengan peserta kuisnya.


Ingin berbagi artikel ini ke teman? Ini tautan singkatnya: www.tiny.cc/faktakuis ngapa kita bersandiwara
Mengapa kita bersandiwara


Baca juga:
  1. VIDEO dari Kuis Kebangsaan RCTI Ini Bikin Kita Bertanya-tanya, Ada Apa?
  2. Heboh Episode "Istana Maimun", Ini Klarifikasi Kuis Kebangsaan RCTI
0 Responses

Poskan Komentar

abcs