BroJol 009: Penentu Tarif Ojol

Sumber gambar: Penentu Tarif Ojol

Penulis dan keluarga sudah sering memakai ojol (terutama mobil). Sudah banyak pengemudi yang penulis tanya tentang perhitungan tarif ojol, tapi sampai sekarang masih ada yang belum penulis mengerti sepenuhnya.

Yang penulis tau, tarif ojol ditentukan: jarak tempuh, banyak tidaknya permintaan dan ojol yang tersedia, macet atau tidak, hujan deras juga dapat mengakibatkan tarif lebih mahal karena banyak ojol yang mematikan aplikasi (malas terjebak macet), hari besar seperti Idulfitri, dan beberapa faktor lain. Itu sudah sepenuhnya penulis mengerti.

Terkadang penulis menemukan tarif yang "tidak masuk akal" yang sampai sekarang belum ketemu jawabannya. Pernah untuk tujuan sama, tarif mobil lebih murah daripada tarif motor. Anda pernah mengalami hal ini? Penulis pernah simpan hasil tangkapan layar (hanya belum ketemu file-nya disimpan di folder mana). Nanti jika ketemu, akan ditampilkan di sini.

Atau tarif pesan ojol dari 2 tempat berbeda dengan tujuan sama, tarifnya berbeda jauh. Misalkan dari titik A ke titik C, tarifnya Rp 90.000, dari titik B ke titik C, tarifnya Rp 50.000. Anda mungkin berpikir, lokasi dari titik A ke titik B jauh. Jawabnya: tidak!

Jarak titik A ke titik hanya sekitar Rp 100 meter. Penulis jalan kaki sekitar 100 meter, tarif ojolnya turun nyaris 50%. Tentu saja jarak dari titik B ke C masih sangat jauh. 

So??? Jalan kaki saja dari titik A ke titik B, cuma jalan kaki sekitar 100 meter, bisa hemat Rp 40.000. Ini yang masih misteri bagi penulis.

Pelajaran: Jalan kaki sejauh 100 meter = hemat hemat Rp 40.000.
0 Responses

Posting Komentar

abcs