Jalan Bagus yang Selalu "Dirusak"


Jalan sudah diaspal rapi atau sudah disemen rapi, ada saja pekerjaan penggalian yang merusaknya. Entah dari Telkom atau dari instansi lain. Kejadian seperti ini selalu terulang. Apakah di kota tempat Anda juga demikian? Apakah tidak ada perencanaan jangka panjang yang matang? Kira-kira 5-10 tahun ke depan, banyak jaringan yang kelak diperlukan? Mengapa tidak sekalian saja dikerjakan (tanam kabel dalam jumlah banyak) sehingga 5-10 tahun ke depan tidak perlu menggali lagi.

Seringnya, baru sekitar 1 tahun lalu digali, ada lagi galian baru (padahal bekas galian sudah diperbaiki). Seharusnya ada koordinasi antar instansi sehingga sekali gali, beberapa keperluan langsung bisa dikerjakan secara bersamaan.

Ada satu hal lagi yang jadi permasalahan. Setiap kali penggalian, selalu saja jalan bekas galian itu hanya ditutup ala kadarnya dengan tanah bekas galian. Yang asalnya aspal, tidak diaspal lagi. Yang awalnya sudah disemen rapi, tidak diaspal lagi. Yang jadi pertanyaan di benak penulis, apakah memang dari instansi yang bersangkutan hanya ada biaya gali lubang, tak ada biaya untuk menutup lubang? Ataukah dana untuk itu ada tapi dikorupsi???

Untungnya masyarakat kita memang murah hati dan pemaaf. Setelah jalan ditinggal dalam keadaan rusak akibat penggalian, mereka akan memperbaikinya dengan swadaya.

0 Responses

Poskan Komentar

abcs