Siapakah Sang Plagiator???

Lagu Iwak Peyek yang terkenal setelah dilantunkan Trio Macan jadi rebutan. Lagu yang didedikasikan Trio Macan untuk suporter bola Persebaya ini diklaim sebagai ciptaan H. Imron (yang menciptakan lagu ini pada Desember 2011). Lalu muncul pula Arek Band yang mengaku sebagai penulis lirik. Akhirnya H. Imron dan Arek Band mendapat royalti. Kemudian muncul Angel yang menuntut royalti karena suaranya dipakai dalam lagu tersebut.

Tambah ruwet lagi, ternyata lagu Iwak Peyek ini sangat mirip dengan lagu suporter Olympiakos asal Yunani yang sudah di-upload (bukan dinyanyikan) ke YouTube sejak 02 Agustus 2006. Dan ternyata ada group musik luar yang juga punya lagu sama, yakni: Cock Sparrer dengan lagunya "Take 'Em All." Silakan dengarkan lagu-lagunya di bawah ini. 

Menurut pengamat musik, Bens Leo: "Iwak Peyek" sejatinya menjadi lagu kepanduan berbahasa Inggris yang sudah lama beredar di daratan Eropa. Namun, lagu tersebut tidak diketahui penciptanya. 

Apakah lagu Iwak Peyek mirip dengan lagu suporter Olympiakos dan Take 'Em All? Kalau mirip, siapa sang plagiator? Apakah hanya mengubah lirik bisa disebut pencipta lagu?

Di era internet seperti sekarang ini, jangan coba-coba jadi plagiator. Ketika hasil karya Anda di-upload ke dunia maya (YouTube), dalam sekejab orang sedunia bisa mendegarnya. Kalau itu mirip, sebentar saja Anda akan dapat komplain, bahkan tuntutan hukum! Jadi, meskipun lagu yang Anda jiplak berasal dari negara di ujung dunia sana, tinggal tunggu waktu, pasti akan ketahuan.  










Baca juga:

  1. Pencipta Lag "Iwak Peyek" Ancam Somasi Trio Macan
  2. Lia Ladysta Dukung Additional Trio Macan Tuntut Royalti 
  3. Bens Leo: Tidak Ada yang Berhak Tuntut "Iwak Peyek"
  4. Pengamat: Trio Macan Beruntung Tidak Dituntut Negara 
  5. "Iwak Peyek dari Lagu Plagiat Sampai Tuntutan Additional Trio Macan 
  6. Trio Macan Siap Dituntut Angel
  7. Trio Macan Anggap Angel Hanya Cari Popularitas 
  8. "Iwak Peyek" Mirip Dengan Lagu Suporter Olympiakos, Ini Kata Trio Macan



0 Responses

Poskan Komentar

abcs