Sosok Inspiratif: Wagub DKI Jakarta, Ko Ahok

Silakan saksikan video YouTube ini:




Setelah menonton video ini, pendapat penulis:

  1. Andai semua pemimpin seperti pasangan Jokowi-Ahok, Indonesia tentu jauh lebih baik. Yang lebih pintar, mungkin jauh lebih banyak. Tapi kita butuh pemimpin yang mau bekerja untuk rakyat, bukan hanya untuk memperkaya diri sendiri.
  2. Hal seperti ini (korupsi dengan segala modusnya) sudah terjadi sejak zaman dahulu. Semua orang juga sudah tahu (sudah rahasia umum), tapi tak semua orang berani ambil resiko (termasuk resiko kehilangan nyawa) untuk membela kepentingan rakyat. Potong 25% (bahkan 40% pun bisa) pun masih bisa. Artinya setidaknya 25% nilai yang di-mark up. Ini terjadi hampir di seluruh Indonesia. Berapa banyak uang negara (uang rakyat) yang dikorup oleh segelintir orang untuk kepentingan pribadi.  
  3. Banyak sekali uang rakyat yang bisa diselamatkan dan disalurkan kepada yang berhak. Semua urusan yang seremonial (pelantikan, koordinasi, pendampingan, sosialisasi, atau biaya-biaya tak penting lainnya).
  4. Bangun pos polisi senilai 1 miliar. Ditanya berapa luasnya dan rinciannya, tak ada yang mampu menjelaskan secara jelas. Siapa yang buat perincian biaya? Sampai pengunjung YouTube berkomentar: wah mewah sekali, karpetnya pasti impor dari Persia, pegangan pintu berlapie emas, dan lain-lain.
  5. Ini puncak gunung es, yang muncul di tayangan ini hanya ujung dari puncak gunung es tersebut. Rakyat pasti sakit hati sekali melihat uang rakyat selama ini dipakai sesuka hati (banyak dikorupsi). Cukup sudahlah korupsi di negeri ini. Tampilkan semua kerja Anda, perincian biaya, dan lain-lain di internet. Tranparan. Juga tender-tender... Kalau Anda bersih, apa yang ditakutkan???
  6. Cara upload video pertemuan seperti ini ke YouTube ini adalah cara yang efektif untuk transparansi. Tak perlu biaya, karena YouTube gratis. Rakyat bisa mengontrol. Ini bisa jadi perlawanan kepada stasiun TV yang sering memutarbalikkan fakta (memihak kepada kelompok tertentu). Ini juga sebagai pertanggungjawaban kepada rakyat.
  7. Di sini terlihat, bagaimana mutu sumber daya manusia yang bekerja di pemerintahan kita. Pintar buat paparan/ slide/ laporan (entah siapa yang buat), tapi begitu berhadapan langsung dengan orang yang mengerti, gelagapan tidak tahu harus ngomong apa. Mana ada yang berani membantah dengan fakta yang diutarakan Pak Wagub?  Kalau Anda benar, jawab dengan perhitungan yang logis dan buktikan bahwa yang dikatakan Ko Ahok itu salah.
  8. Negara ini mau bersih, harus dimulai dari pemimpin yang bersih. Bapak ke luar negeri tidak perlu bawa oleh-oleh, tidak perlu kasih tas ke istri saya. Tidak perlu! Ayo yang lain, contohkan hal demikian. Jangan sekedar ucapan, tapi apa yang diucapkan = perbuatan. Kalau sekedar slogan/ ucapan, sudah terlalu banyak. Jangan urus dokumen melalui calo, tapi calo berkeliaran (bahkan oknum instansi jadi calo), tak ada tindakan.
  9. Penulis tidak bermaksud mengkultuskan atau terlalu memuja-muja seseorang termasuk sosok Jokowi. Kalau ada kebijakan mereka yang kurang bagus, kita juga tetap harus mengkritisi. Tapi tentu yang logis saja. Nilai kinerja mereka, jangan menyerempet ke pribadi apalagi SARA. Disukai atau tidaknya, penulis rasa Anda bisa lihat dari pengunjung video ini di YouTube, lihatlah berapa komentar yang pro dan kontra, berapa yang kasih jempol ke atas dan jempol ke bawah. Jadi ingin tertawa ketika baca opini cerdas seperti ini: Ahok  
  10. Buat pemimpin lain di negeri ini, ini momentum untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Ayo buktikan apa yang Anda gembar-gemborkan di masa kampanye akan melakukan ini dan itu, demi rakyat. Pemimpin itu untuk melayani rakyat, bukan minta dilayani. Seringlah turun ke lapangan, jangan hanya di belakang meja (dekat dengan rakyat). Dengarlah suara rakyat, apa yang mereka butuhkan. Ayo ramai-ramai upload video rapat dan kerja Anda ke YouTube. Jika Anda mengatakan tak punya biaya, tak mengerti teknologi atau hal lain, penulis rasa blogger seluruh Indonesia bersedia bantu untuk rekam dan upload ke YouTube. Bagaimana??? 


Baca juga: Sosok Inspiratif: Gubernur DKI Jakarta, Pak Jokowi


Mau lihat video Jokowi - Ahok yang lainnya? Silakan klik: Video Pemprov DKI
0 Responses

Poskan Komentar

abcs