Kelirumologi: Tinju dan Sabung Ayam

Olahraga gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti: lari, sepak bola, berenang, dan lain-lain). Dari definisi kata olahraga, mungkin catur agak kurang pas bila disebut olahraga. Karena yang lebih banyak "digerakkan" adalah otak, bukan fisik/ badan/ raga.

Tapi yang akan dibahas di sini bukan dari sisi definisi kata olahraga, tapi dari sisi manfaatnya. Kita semua mengakui bahwa olahraga membawa manfaat yakni menyehatkan badan.

Nah... untuk kasus "olahraga tinju" penulis tidak sepakat. Ya, kalau dalam proses pemanasan atau latihan, seorang petinju melakukan push up, sit up, lompat tali/ skipping, dan yang lain itu memang menyehatkan. Tapi bagaimana kegiatan bertinju (bertanding tinju) itu sendiri? 

Perut, dada, kepala (wajah) yang seharusnya dilindungi/ jaga dari benturan malah jadi sasaran tinju oleh lawan untuk mendapatkan nilai atau menjatuhkan agar menang. Alih-alih jadi sehat, tinju malah mendatangkan penyakit, salah satunya penyakit parkinson yang diderita Muhammad Ali. Yang meninggal di atas ring pun ada! Bukankah ini perilaku yang keliru???

Bertinju menyehatkan badan? Itu perilaku yang keliru. Kekeliruan tinju berlanjut. Ketika ada manusia mengadu ayam (sabung ayam), pasti akan ditangkap polisi. Apa alasannya? Judi? Menyiksa binatang? Bagaimana jika sabung ayam dibandingkan dengan tinju. Sabung ayam (adu hewan), tinju (adu manusia). Harusnya tinju yang dilarang, bukan sabung ayam (Anda tidak perlu curiga penulis hobby sabung ayam, ini hanya perbandingan). Penulis tidak suka sabung ayam ataupun judi. Derajat manusia lebih rendah daripada ayam? Manusia boleh diadu, ayam tidak boleh. Bukankah ini terbalik 


Karena judi? Apakah hanya sabung ayam ada judinya? Bukankah dalam setiap pertandingan tinju justru skala judinya lebih besar? Bisa disiarkan secara langsung (seluruh dunia menyaksikan), bahkan kita bisa tahu di pasar taruhan yang dijagokan adalah petinju A. Jelas di "olahraga tinju" judinya lebih besar jumlah uangnya dan lebih luas peserta judinya. 


Ketika ada sabung ayam, polisi akan datang menggrebek (bukan hanya yang menyabung ayam, penonton pun akan ditangkap). Lantas kalau tinju? Orang-orang diajak untuk menyaksikan (disiarkan secara langsung via TV). Jangan khawatir, Anda dapat
menonton secara langsung dengan tenang tanpa takut digrebek, asal Anda beli tiket masuknya.

Bagaimana menurut Anda???


Baca juga (klik saja): Kelirumologi: Tinju dan Mengendarai Motor 


Klik ini untuk melihat bagaimana "sehatnya olahraga tinju": Foto-Foto Olahraga Tinju
  
Video YouTube:
  1. Tragis! Petinju Tubagus Sakti Tewas di Atas Ring 
  2. Petinju Indonesia Meregang Nyawa Saat Pertandingan
0 Responses

Posting Komentar

abcs