Timbangan Unik Versi Laundry

Tulisan ini berkaitan dengan Seriuskah Anda Berbisnis???

Pertama kali mengantar pakaian ke laundry F, cara perhitungan cucian yang ditimbang yang membuat penulis kaget. 

Jika di laundry kiloan lain, biaya dikenakan sesuai dengan berat pakaian yang akan dicuci. Jika timbangan menunjukkan angka 5,2 kg, harga per kilo Rp 5.000 maka di bon tertera 5,2 kg dan biaya Rp 26.000.

Di laundry ini beda. Begitu kantong kresek ditaruh di timbangan, posisi jarum timbangan belum stabil berhenti di angka berapa, langsung dingkat, "Lima kilo Pak" katanya.

Penulis diam saja, meski agak penasaran. Kok begini cara timbangnya? Padahal di tempat lain, tunggu sebentar hingga jarum timbangan berhenti, lalu dilihat dengan teliti berapa kilogram pakaian yang akan dicuci.

Penasaran penulis tanya, "Mbak, kalau timbangannya 4,8 kilogram dihitung berapa kilo?" "Lima kilo Pak" jawabnya. "Kalau 4,1 kilo?" tanya penulis. "Empat kilo Pak" jawabnya. "Kalau 4,2 kilogram?" penulis penasaran. "Tetap 4 kilo Pak" jawab pelayan itu.

Ini perhitungan unik dan aneh. Biasanya, konsumen dimanjakan. Jika 4,8 kilo dihitung 4,5 kilo atau setidaknya tetap 4,8 kilo (tidak dilebihkan dan juga tidak dikurangi seperti yang diberlakukan pada laundry lain).

Bagaimana ini? Jadi, setiap penulis bawa pakaian untuk dicuci, tidak dijadikan 1 kresek, tapi dipisah. Taruh kresek pertama di timbangan, lihat angkanya menunjukkan angka berapa? Setiap cuci, angka akhir timbangan harus 2 ons (tinggal tambahkan atau kurangi jumlah pakaian sampai akhirnya 2 ons). Jadi timbangannya selalu 3,2 kilo, atau 4,2 kilo, atau 5,2 kilo. Di bon hanya dicatat 3 kilo, 4 kilo atau 5 kilo. Begitu juga kresek selanjutnya. 

Lumayanlah... bonus 2 ons setiap bon dan pemilik laundry harus ekstra kertas (dari semua laundry yang pernah penulis pakai jasanya, laundry ini yang bon-nya pakai print komputer, yang lainnya bon tulis tangan). Padahal, kalau sudah komputerisasi, tak ada kesulitan hitung 5,3 kilo atau 5,4 kilo, dan seterusnya. Secara otomatis harga akan tercetak, tak perlu hitung manual pakai otak atau kalkulator.

Kalau mau lebih untung lagi, dari rumah timbanglah pakaian Anda 1,2 kilo setiap bungkusnya. Anda bisa mencuci 6 kilogram dengan biaya 5 kilogram. Pemilik laundry akan boros: 4 lembar kertas bon rangkap 2, 4 kantong plastik untuk membungkus pakaian, dan bisa jadi 2 atau 3 kresek tambahan jika kita ambil tidak sekaligus. 

Luar biasa pemikiran pemilik laundry ini, kreatif dan inovatif! Hahaha...
0 Responses

Poskan Komentar

abcs