Daftar Singkatan dan Akronim yang Keren

Bangsa Indonesia sangat produktif menciptakan singkatan dan akronim. Ada saja singkatan dan akronim baru bermunculan, baik yang resmi maupun yang dipakai dalam pergaulan sehari-hari. Penulis sering membaca dan mendengar "kata-kata baru" lalu coba mencari tahu atau menebak sendiri apa sih arti "kata baru" tersebut. Misalnya mendengar kata "maksi"(maksi dulu ah...) ternyata akronim dari kata makan siang. Akronim seperti ini tidak termasuk kategori keren yang penulis maksudkan. Kata maksi (maksimal) berbeda arti dengan makan siang.

Nah di bawah ini penulis coba mengumpulkan aneka singkatan dan akronim (resmi ataupun tidak) yang keren. Keren yang penulis maksud adalah singkatan atau akronim itu mempunyai arti yang mirip dengan kata aslinya (meskipun kadang dibuat dengan agak dipaksakan) atau justru berbanding terbalik dengan kenyataan tapi "sangat pas" sebagai sindiran.

Kalau akronim menjadi sebuah kata seperti kata yang telah ada, namun artinya berbeda sama sekali dengan makna kata asli, tidak akan penulis cantumkan di sini (seperti kata "maksi" yang penulis contohkan tadi).


Urutan disusun secara alfabetis.
Singkatan:

  1. ATM =  Anjungan Tunai Mandiri (aslinya Automated Teller Machine)
  2. HAKIM = Hubungi Aku Kalau Ingin Menang (aslinya sebuah kata, bukan singkatan), ini jelas sindiran atas wajah dunia peradilan di negeri kita.
  3. KUHP = Kasih Uang Habis Perkara atau Karena Uang Habis Perkara (ini sebagai sindiran atas wajah dunia hukum kita,  singkatan resminya, KUHP = Kitab Undang-undang Hukum Pidana)
  4. PLN = Perusahaan Lilin Negara (istilah ini saya dengar awal tahun 1990-an dari dosen Ekonometrik saya, Kak Zul atau Zulkarnain Ishak, sebagai plesetan karena PLN sering "memadamkan" listrik)


Akronim:

  1. Benci =  benar-benar cinta (dalam kisah asmara, sering kali orang yang semula dibenci, justru berakhir menjadi pasangan). Anda pernah mengalami hal ini?
  2. Boling = bola gelinding (cabang olahraga ini, aslinya berasal dari kata bowling)
  3. Cekal = cegah dan tangkal
  4. Lapor = Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (ini tautan ke situsnya: (Lapor)
  5.  

Belum banyak yang berhasil penulis kumpulkan, tapi akan terus penulis tambahkan jika ada  (menemukan) singkatan atau akronim baru yang keren. Anda bisa ikut membantu dengan menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih...
0 Responses

Posting Komentar

abcs