Mengapa Kita Tak Boleh Menyalip di Tikungan?

Semua peraturan, tidak hanya peraturan lalu lintas, tentu dibuat demi kebaikan. Supaya tertib, teratur, demi kebaikan/ keselamatan kita bersama.

Selama berkendara, penulis sering menjumpai pengendara motor yang ngebut. Dari kejauhan sudah terdengar suara raungan motornya. Cara paling aman adalah menepi dan biarkan si pembalap liar lewat.

Jalan raya bukan tempat mengadu kecepatan, jalan raya buka arena balap. Semua orang tahu hal itu, tapi tidak semua orang mau mematuhinya.

Salah satu peraturan lalu lintas adalah tidak boleh menyalip di tikungan. Anda tentu tahu maksud peraturan ini. Ya, tentu karena saat di tikungan, kita tidak bisa melihat apakah di depan kita ada kendaraan lain dari arah berlawanan atau tidak.

Boleh dong saya tidak peduli dengan peraturan itu? Ini motor saya, kalau celaka, saya sendiri yang celaka. Mungkin bolehlah kalau yang celaka hanya Anda sendiri. Anda menabrak pohon atau menabrak pembatas jalan. Kalau orang lain yang jadi korban?

Penulis tak tahu bagaimana kabar korban tabrakan ini. Tapi yang pasti benturan tabrakan ini keras. Bercermin dari kasus ini, maka berhati-hatilah berkendara. Jangan sampai tindakan kita membuat orang lain yang tak bersalah jadi korban. Bisa Anda bayangkan bagaimana kalau hal itu terjadi pada Anda atau saudara Anda yang tercinta?

Coba Anda lihat video YouTube di bawah ini. Kasihan sekali perempuan berhelm merah yang menjadi korban pengendara motor yang ngebut dan menyalip di tikungan.

Semoga video di bawah ini jadi pengingat agar kita taat peraturan.

Buat yang tak kuat melihat adegan mengerikan,
harap TIDAK melihat video di bawah ini.


NB:
Setelah melihat plus mendengar suara tayangan video ini, penulis berkesimpulan bahwa video ini memang sengaja dibuat (memang sengaja merekam rekannya yang ngebut dan menyalip bis), tapi aksi ini malah berakhir tragis. Hal berdasarkan ucapan cewek dalam video: "... Kasih tahu Pi." Yang menurut penulis agar rekannya segera memberitahukan anggota keluarga yang ngebut tadi. Benar tidaknya, entahlah...



Mengapa Kita Tak Boleh Menyalip di Tikungan?
Ini jawabannya



0 Responses

Poskan Komentar

abcs