Jawaban Multiple Choice yang Keren

Ini kenangan tentang guru penulis semasa SD. Waktu kertas ulangan umum sudah dinilai dan dibagi, barulah Pak Dani (yang mengajar IPA) menjelaskan bahwa jawaban multiple choice yang dibuatnya akan terbaca seperti ini: 

SDXAVERIUZ  FHKLWY  PON  BCGMTQJ 

Penulis tak ingat dengan jelas apakah bagian ke-2 (FHKLWY) itu memang seperti itu. Maklumlah itu kenangan 30-an tahun yang lalu, masa penulis masih SD. Tapi bagian pertama, ke-3, dan ke-4 memang masih terngiang di benak penulis. 

Soal multiple choice itu ada 26 (sesuai jumlah abjad). Dan beliau membuatnya agar terbaca. SD Xaverius (Lubuk Linggau) adalah nama sekolah penulis. Jadi beliau dengan mudah memeriksa setiap lembar jawaban. Jika tak terbaca seperti itu (urutannya tak seperti itu, maka ada yang salah). 

Selain ada nama sekolah (SDXAVERIUZ, memang dipaksakan karena tak boleh ada abjad sama), ada PON (Pekan Olahraga Nasional), ada BCG (suntikan pencegah TBC), dan MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran). Penulis salut dengan ide kreatif beliau ini.

Jika di lembar jawaban tertulis SDXAVERIUF misalnya, maka jawaban No. 10 salah (seharusnya Z bukan F). 

Adakah ada di antara teman-teman masa kecil penulis yang membaca tulisan ini (atau mungkin Pak Dani) sendiri yang membaca dan masih ingat tentang hal ini???

Sekedar mengenang masa lalu sambil menguji ketajaman pikiran penulis.

  
0 Responses

Posting Komentar

abcs