Parkir GRATIS Sangat Baik untuk Usaha Anda

Anda tentu sering berkunjung ke toko untuk berbelanja baik dengan motor ataupun mobil. Dan sudah pasti Anda akan dikenakan biaya parkir. Yang penulis maksud di sini tentu pertokoan tradisional (bukan mal yang pengelolaan parkirnya dilakukan oleh perusahaan jasa perparkiran). Ada karcis parkir saat Anda masuk dan ada rincian berapa lama Anda parkir dan Anda harus bayar berapa. Yang dibahas pada tulisan ini bukanlah parkir seperti itu. 

Yang penulis maksud adalah parkir di depan toko atau ruko Anda dan para konsumen/ nasabah/ pelanggan Anda ditagih biaya parkir, sedangkan Anda sang pemilik toko tidak mendapatkan serupiah pun dari uang parkir tersebut. So... apa untungnya bagi Anda sebagai pemilik toko???

Satu hal yang paling menyebalkan bagi penulis, saat parkir sejenak, barang yang kita cari tidak ada, Anda pun tetap akan ditagih biaya parkir.

Jika da teman Anda atau saudara Anda yang datang ke toko Anda, Anda pun terpaksa harus "minta izin" kepada tukang parkir agar tamu Anda tak perlu membayar uang parkir padahal itu adalah tanah milik Anda sendiri.

Mari berpikir: "Apa untungnya bagi Anda sebagai pemilik toko/ ruko untuk pemungutan biaya parkir ini???" TIDAK ADA! Bagi pemilik kendaraan? TIDAK ADA! Kendaraan (dalam hal parkir ini, penulis lebih fokus pada motor). Motor Anda hilang, cacat, atau terjadi hal lain, tukang parkir tidak ada yang menggantinya. 

Mengapa Anda tidak meng-GRATIS-kan saja parkir di depan toko/ ruko Anda? Ini menguntungkan pelanggan Anda. Pelanggan Anda pun senang karena belanja di toko Anda jadi lebih hemat dan nyaman. Tidak ada yang dengan kencangnya menarik motor Anda saat Anda selesai belanja (menunjukkan tanda bahwa ada tukang parkir yang menanti uang parkir dari Anda). 

Pasang saja plang bertulisan: PARKIR GRATIS UNTUK PELANGGAN TOKO A.

Penulis melihat sebuah minimarket yang memang menerapkan parkir GRATIS bagi pelanggannya. Tapi untuk salah satu cabangnya, "preman parkir" mampu mengubah lahan parkir gratis itu jadi berbayar. Pertama-tama, plang dengan tulisan PARKIR GRATIS ditutupi dengan kardus. Pada akhirnya plang tersebut dipindahkan (tepatnya disingkirkan agar pelanggan tidak melihat tulisan tersebut).

Sebuah bank swasta juga begitu. Plang parkir GRATIS yang terbuat dari besi itu ternyata bolak-balik (di sisi sebelahnya bertulisan, "Maaf ATM rusak." Di lahan parkir, oleh tukang parkir, plang parkir GRATIS itu selalu menampilkan sisi: "Maaf ATM rusak" meskipun ATM berfungsi normal. Sayangnya petugas keamanan (satpam) yang bertugas pun diam saja. Jadilah parkir GRATIS itu nasabah diminta bayaran.

Hampir semua toko/ ruko membiarkan pelangganya membayar biaya parkir meskipun lahan di depan ruko yang digunakan untuk parkir tersebut adalah lahan mereka (pemilik ruko). 

Namun, di antara yang banyak yang berpikiran seperti itu, ada juga pemilik toko yang berpikiran sama dengan penulis, yang memanjakan pelanggannya parkir secara GRATIS. Bagaimana logika berpikir Anda? Berikut beberapa toko yang menyediakan parkir GRATIS bagi pelanggannya dan kebetulan pernah penulis singgahi atau setidaknya penulis lewati dan masih penulis ingat:



  1. Alfamart Taman Kopo Indah 1 Blok F
  2. Apotek Ace Farma (Jl. Sukamenak)
  3. Indomaret (Jl. Sukamenak, seberang gerbang Permata Kopo)
  4. Indomaret (Taman Kopo Indah 1 Blok G)
  5. Toko Kue: Vitasari (Jl. Kurdi)
  6. Rumah Makan Ampera, TKI 2 
  7. Rumah Makan Vegetarian Aman Kopo Indah 1 Blok H 
  8. Yomart, Jl. Sayati Lama






0 Responses

Poskan Komentar

abcs